oleh

Posbakumadin Buteng Siap Berikan Bantuan Hukum Gratis Bagi Masyarakat Miskin

-HEADLINE-2021 Dilihat

BUTENG, SPIONNEWS.COM – Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (Posbakumadin) Buton Tengah (Buteng) siap memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma terhadap masyarakat tidak mampu (miskin). “Kami siap berikan bantuan hukum secara cuma-cuma. Bahkan kami tanpa dimintapun kami sendiri yang akan mendatangi masyarakat yang berperkara sepanjang yang bersangkutan memenuhi syarat untuk mendapatkan pelayanan bantuan hukum secara cuma-cuma,” ucap Ketua Posbakumadin Buton Tengah, Adnan, S.H, Rabu (13/12/17).

Ketua Posbakumadin Buton Tengah, Adnan, S.H

Adnan menjelaskan, bantuan hukum adalah hak dari setiap orang miskin yang dapat diperoleh secara cuma-cuma atau tanpa bayar (pro bono publico) sebagai penjabaran persamaan hak di hadapan hukum sebagaimana ketentuan pasal 34 UUD 1945 yang menegaskan bahwa fakir miskin adalah menjadi tanggung jawab negara.

Selanjutnya secara khusus hak untuk memperoleh bantuan hukum telah diatur dalam undang-undang bantuan hukum dan pasal 22 undang-undang Advokat. “Jadi bantuan hukum secara cuma-cuma bagi masyarakat tidak mampu itu bukanlah merupakan suatu belas kasihan melainkan suatu kewajiban bagi kami sesuai dengan amanat undang-undang,” jelas Adnan.
Advokat asal Desa Lanto Kecamatan Mawasangka Tengah itu menjelaskan, bentuk bantuan hukum yang dimaksud adalah berupa pemberian konsultasi hukum sampai pada pendampingan baik di luar maupun di dalam pengadilan. (Rus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed