oleh

Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman

-KULINER-947 views

BUTON, SPIONNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton melalui Dinas Ketahanan Pangan Kab. Buton bekerja sama dengan TP. PKK Kabupaten Buton menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) di aula Kantor Bupati Buton Takawa. Kegiatan ini di buka secara resmi oleh Plt. Bupati Buton yang diwakili oleh Pelaksana Harian Sekda Kab. Buton Makmur, SH. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh TP.PKK Kecamatan se Kabupaten Buton. Turut Hadir Wakil Ketua TP PKK Kab. Buton, Delya Montolalu La Bakry, para kepala SKPD, Camat, Kades/Lurah dan beberapa Tokoh masyarakat.

Kecamatan Siontapina meraih juara favorit dengan nilai 81,7 dengan menampilkan kreasi makanan dari ubi kayu, singkong, keladi serta jus dari buah tembikar yang daunnya digunakan untuk membuat atap. Sedangkan Kecamatan Kapontori tampil sebagai juara pertama dengan nilai 80,8 yang menyajikan makanan dari pinang, jus bawang, makanan berbasis ubi kayu, ubi jalar dan lainnya. Juara dua diraih oleh kecamatan Wabula dengan nilai 79,7 dan juara ketiga diraih oleh Kecamatan Lasalimu dengan Nilai 77,4.

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buton Muhrad, S.Tp mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah saat ini adalah memenuhi kebutuhan masyarakat dengan berbasis bahan lokal diharapkan muncul ide kreatif.

Menurut dia, nasi bukan satu-satunya makanan pokok. Dengan mengandalkan bahan pangan lokal, bisa menciptakan kreasi makanan yang enak dan bergizi.

Sementara Wakil Ketua TP PKK Kab. Buton Delya Montolalu La Bakry, mengatakan, saat ini Pemerintah sedang menggalakkan penemuan makanan bergizi, sehat dan seimbang. Sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menciptakan kreasi makanan, dari sumber bahan pangan lokal yang tidak saja enak tetapi bergizi. Hal ini menciptakan Ketahanan Pangan masyarakat Buton yang berkualitas dan dapat hidup sehat.

“Makanan yang bergizi jika di konsumsi juga akan menciptakan generasi penerus yang lebih berkualitas”, tuturnya.

Makmur, SH mengatakan, lomba B2SA merupakan kebijakan Presiden tentang aksi percepatan peningkatan pemenuhan makanan pokok lokal agar dapat dikenal dan dikembangkan dalam masyarakat.

“khusus untuk lomba pangan mengandung karbohidrat berbahan dasar pangan lokal agar dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Hal ini sebagai kunci ketahanan pangan keluarga dan Negara”, ujarnya.

Lomba ini sengaja digelar agar pola konsumsi makanan dapat diperbaiki. diupayakan agar pangan lokal dapat ditambah kreasinya sehingga masyarakat mendapat makanan sehat. Hal ini untuk menjawab keluhan masyarakat petani agar dapat dicari solusi dalam menciptakan makanan sehat dari pangan lokal. Ia berharap, usai kegiatan ini, masyarakat dapat langsung mempraktekan dirumah melalui peran ibu-ibu PKK yang mengikuti lomba.(butonkab.go.id)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed