oleh

Pemda Wakatobi Gelar Festival Panen Sampah

-SOSBUD-537 Dilihat

WAKATOBI, SPIONNEWS.COM-Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Wakatobi Melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar Festival Panen Sampah Laut serta peluncuran lima paket kebijakan penuntasan persampahan. Kegiatan yang dipusatkan di Pantai Marina Wakatobi pada Rabu (21/2) dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional.

Bupati Wakatobi Arhawi mengatakan, lima paket kebijakan tersebut yakni pertama, menciptakan wirausaha persampahan, optimalisasi penanganan persampahan, optimalisasi tempat pembuangan akhir sampah, lomba kebersihan dan pengurangan sampah tingkat desa.

Dengan ditetapkan lima paket kebijakan persampahan ini, orang nomor satu Wakatobi itu berharap pengendalian sampah bisa mulai dilakukan dari lingkungan keluarga.

“Dengan ditetapkan Wakatobi sebagai 10 top destinasi pariwisata, perlu menjaga lingkungan agar tetap bersih dan indah untuk mendukung Wakatobi bebas dari sampah,” ujarnya.

Program yang diinisiasi Dinas Lingkungan Hidup itu bekerja sama dengan balai taman nasional wakatobi, Bank Sultra, Kamelia, Balai Perekayasaan Bawah Laut dan Komunitas Pecinta Lingkungan lainnya.

Kegiatan itu dilakukan sejak pagi hingga selesai yang diikuti kurang lebih 600 orang untuk membersihkan laut dan daratan dari sampah.

“Kita mengerahkan 600 orang tenaga di Wakatobi untuk bersama-sama bekerja membersihkan laut dan daratan ,” tambah Arhawi.

Tambahnya, aksi serupa juga akan dilakukan di wilayah lain yang pantai dan lingkungannya terganggu akibat sampah.

“Kita akan mengajak kepada warga mari kita bersama-sama kita bersihkan sampah, baik yang ada di laut maupun yang ada di darat, dan mulai sekarang hati-hati dengan membuang sampah. Mau tidak mau penangkalan mesti dilakukan pembersihan,” lanjut dia.

Arhawi menghimbau agar warga ikut menjaga laut dan daratan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Perhatikan sampah itu bukan sekadar dilempar tapi taruhlah di tempat sampah sehingga dia bisa dikelola dengan baik. Jangan dibuang ke mana saja,” tutupnya. (Anto Nehru)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed