oleh

Pj. Walikota Baubau Launching Infaq dan Sedekah Sampah

-SOSBUD-567 Dilihat

BAUBAU, SPIONNEWS.COM-Pj. Wali Kota Baubau, Dr. Ir. H. Hado Hasina, MT melaunching infaq dan sedekah sampah di Kotamara Baubau, Minggu (25/2). Infaq dan sedekah sampah merupakan kegitan yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Baubau.

Hado Hasina dalam sambutannya menjelaskan, Infaq dan sedekah sampah merupakan kegitan yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Baubau. kegiatan ini adalah program pengadaan ‘Bank Sampah’ yang siap mengubah sampah menjadi bernilai ekonomi bagi masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai bagian dari Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang bertema, “Sayangi Bumi, Bersihkan Dari Sampah”, katanya.

Program Infaq dan sedekah sampah merupakan kebijakan nasional berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah serta PP Nomor 81 Tahun 2013 Tentang Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga. Bahkan melalui Perpres 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan Nasional Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga maupun berbagai kegiatan lainnya seperti pengembangan Bank Sampah, sampah menjadi energi, serta berbagai kegiatan kemasyarakatan lainnya.

“Saya berharap TPA yang berada di Kilometer 6 Baubau dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Sampah bisa menghasilkan energi listrik juga dapat dimanfaatkan sebagai produk daur ulang sehingga suatu saat sampah daerah tetanggapun bisa dibeli,” tandasnya.

Lebih lanjut Hado Hasina menyatakan program ini sebagai bentuk inovasi pengelolaan persampahan sehingga tidak menjadi masalah serius bagi masyarakat. Karena itu jauh lebih penting adalah kesadaran dan kepedulian terhadap sampah itu sendiri, termasuk komitmen pemerintah untuk menyediakan infrastruktur pengelolaan, fasilitas angkutan, hingga pengelolaan TPA Kilometer 6 Baubau yang lebih modern dan profesional. (Voril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed