oleh

Bekraf Jalin Kerjasama Ekonomi Kreatif Dengan Pemerintah Kabupaten Wakatobi

-POLITIK-537 Dilihat

WAKATOBI, SPIONNEWS.COM-Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Melalui deputi hubungan Antar Lembaga dan Wilayah mengadakan pertemuan untuk penandatanganan nota kesepahaman/Memorandum Of Understanding (MOU) dengan pemerintah Kabupaten Wakatobi, Senin (05/03/2018) di Gedung Pesangrahan Taman Budaya Kabupaten Wakatobi.

Penandatangan naskah kerjasama tersebut dilaksanakan dalam rangkaian acara dialog publik oleh pemerintah bersama warga Kabupaten Wakatobi yang bertujuan untuk menjalin kesepakatan antar kedua belah pihak dalam pengembangan Potensi Ekonomi Kreatif (Ekraf).

Dalam kegiatan itu turut hadir Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah Bekraf (Deputi VI), Endah W. Sulistiani. Endang menyatakan, di Kabupaten Wakatobi 3 sub sektor unggulan Ekraf yakni Kuliner dan Fhasion sangat berpotensi dan sudah dikembangkan.

Lanjutnya, Bekraf melalui Program kerjasama tersebut, Pihaknya akan mengirimkan pelaku ekonomi kreatif Pusat untuk mendampingi para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Wakatobi dalam rangka pengembangan SDM melalui kegiatan pelatihan selama 3-5 bulan yang diberi nama Program Live In Designer.

“Ada Beberapa tantangan yang harus digaris bawahi di Kabupaten Wakatobi diantaranya kurangnya pemahaman mengenai Usaha Kecil Menengah dan Ekonomi Kreatif, yang masih dikelolah secara perongan dan belum Berbadan hukum,” ujarnya.

Ditempat yang sama Bupati Wakatobi H. Arhawi SE mengatakan, Kabupaten Wakatobi secara umum wilayahnya terdiri dari 97% Lautan dan 3% lebihnya adalah daratan. Kabupaten Wakatobi termaksud 10 destinasi pariwisata nasional, dengan bentang laut nomor 3 di Indonesia setelah Bali dan Lombok, dan pemandangan bawah laut nomor 2 setelah Raja Ampat.

Lebih lanjut orang nomor satu Wakatobi itu berharap melalui kerjasama Ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan sektor ekonomi khususnya di sektor Ekonomi Kreatif di Kabupaten Wakatobi.

“Para Pelaku Ekonomi Kreatif di Kabupaten Wakatobi akan diberikan edukaasi oleh Bekraf karena dirasa masih minim daya saing, karena Ekonomi Kreatif tanpa Sektor pariwisata itu akan kehilangan pasar, ” ujarnya.

Amatan Wartawan Spionnews.com kegiatan tersebut turut pula dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Wakatobi, Muh. Ilyas, SE. MM, Kepala Kejaksaan Negri Wakatobi, Dr. Irfan, sejumlah pimpinan SKPD serta Pelaku Ekonomi Kreatif yang tersebar di Kabupaten Wakatobi. (Anto Nehru)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed