oleh

Pelaku Pembunuhan Warga Wameo Ditangkap  

-HEADLINE-1121 Dilihat

BAUBAU, SPIONNEWS.COM – Tim Buser Polres Baubau yang berkolaborasi dengan Polres Buton dan dibantu oleh personil Kodim 1413 Buton akhirnya berhasil menangkap tiga pria yang diduga sebagai pelaku pembunuhan warga Kelurahan Wameo, Kecamatan Batupoaro Kota Baubau, Muhammad Ridwan (13). Tiga pelaku itu masing-masing berinisial AM, AD dan AY yang ketiganya ditangkap pada tempat berbeda.

Dalam konferensi persnya Kapolres Baubau, AKBP Daniel Widya Mucharam menjelaskan sebelum dilakukan penangkapan pihaknya telah memeriksa beberapa saksi, dan akhirnya berhasil menangkap terduga pelaku tersebut. AM ditangkap di Kota Baubau pada Sabtu Malam (31/3) sedangkan AY dan AD ditangkap di wilayah Buton pada Minggu (1/04) yang dipimpin langsung oleh Kapolres Buton, Wakapolres Buton dan Kasat Rekrim Polres Buton setelah dilakukan pengembangan dari hasil penangkapan pelaku yang pertama yakni AM.

“Dari hasil kita melakukan penyelidikan kolaborasi Polres Baubau dengan Polres Buton yang dibantu dari rekan-rekan TNI khususnya dari kodim, akhirnya hari ini kita berhasil menangkap tiga pelaku penganiayaan yang menyebabkan meninggal dunia,” terang Daniel.

Saat dilakukan penangkapan, AD melakukan perlawanan yang membahayakan aparat keamanan, sehingga dilumpuhkan dengan timah panas, sementara dua pelaku lainnya AY dan AM kooperatif saat ditangkap. Usai dilakukan penangkapan, ketiga terduga pelaku tersebut langsung diperiksa, selanjutnya dilakukan penahanan di Kendari demi pertimbangan keamanan.

Dari hasil penyelidikan sementara, motifnya adalah balas dendam. Namun demikian kata Daniel pihaknya masih terus melakukan pendalaman. Dari tiga terduga pelaku tersebut tidak satu pun yang berasal dari Kanakea.

Lebih lanjut Daniel menyatakan, otak atau yang menyuruh melakukan pembunuhan terhadap Muhammad Ridwan adalah AM, AD eksekutor yang merupakan residivis dengan perkara yang serupa, dan AY yang mengendarai motor.

“AM ditangkap tadi malam (Sabtu Malam, red), sedangkan AY dan AD ditangkap beberapa jam lalu (Minggu, red),” tuturnya.

Barang bukti yang kini telah diamankan oleh Pihak Polres Baubau adalah sepeda motor yang digunakan pelaku. Sementara barang bukti lainnya masih akan dilakukan pencarian malam ini (Minggu, red).

“Pelaku ini punya modus berpindah-pindah, jadi jangan sampai saudara-saudara saya yang ada di wilayah Kota baubau ini memberikan statemen atau perkiraan-perkiraan yang nanti akan berakibat pada bentrok warga kembali,” tegasnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, ketiga pelaku itu dijerat dengan Pasal 351 KUHP tentang penganiayaan yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang dengan ancaman hukuman penjara maksimal 7 tahun. (Adnan Tejo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed