oleh

Tambang Galian C Di Desa Oengkolaki Dinilai Ilegal

-HUKRIM-968 Dilihat

BUTENG, SPIONNEWS.COM-Kegiatan penambangan golongan C yang dilakukan sekelompok oknum di Desa Oengkolaki, Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah dinilai ilegal, karena tidak memiliki izin. Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Pemetaan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buton Tengah, Arwan usai melakukan tinjauan lokasi tersebut kemarin.

Lokasi tambang galian C yang dinilai ilegal di Desa Oengkolaki Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah(foto Kariadi/spionnews.com)

“Kondisi diareal pengambilan material ini sudah sangat memprihatinkan dan ini sangat merusak lingkungan hidup,”ucap Arwan.

Namun demikian Arwan mengaku pihaknya belum bisa memastikan jenis sanksi yang diberikan terhadap oknum yang melakukan kegiatan penambangan tersebut sebab hingga kini di Buteng belum ada Perda yang mengatur tentang tambang galian C.

“Belum bisa diberikan sanksi terhadap mereka. Di Buton Tengah ini masih banyak tambang golongan C yang ilegal tetapi kedepannya pemerintah akan memikirkannya dan ini akan dituangkan dalam Perda atau Perbub agar tertata dengan baik dan menjadi PAD Kabupaten Buton Tengah,”imbuhnya.

Lanjut Arwan, kegiatan penambangan ilegal ini harus diatasi secepatnya, sebab kalau tidak sangat berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat setempat.

“Debu batu kapur telah berterbangan di pemukiman warga dan akan menyebabkan asma,”terangnya.

Dalam waktu dekat ini kata Arwan pihaknya akan melakukan langkah-langkah diantaranya akan mengkomunikasikan soal tambang ilegal itu dengan pihak PU Buteng. (Kariadi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed