oleh

Ratusan Warga Gonda-Baubau Gelar Mataa

-SOSBUD-1153 Dilihat

BAUBAU, SPIONNEWS.COM-Bulan Oktober benar-benar menjadi bulan baik di Kota Baubau, setidaknya sejumlah acara bernuansa budaya banyak digelar diberbagai kawasan di kota ini, seperti Selasa malam ini, 16 Oktober 2018 dilangsungkan acara ‘Mataa’ di kelurahan Gonda Baru Kecamatan Sorawolio, dengan menghadirkan Wali Kota Dr. H. AS. Tamrin, MH, anggota DPD-RI Ir Wa Ode Hamsina Bolu, MT, dan sejumlah artis nasional juga tampak menghadiri acara ini.

Dalam rilis Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom.M.Si malam ini juga menyebutkan jika ritual Mataa di Gonda ini memang masih berkaitan dengan perayaan HUT Kota baubau ke 17 sebagai daerah otonom, sekaligus hari Jadi Baubau ke-477 Tahun.

Ritual Mataa, sebagaimana infromasi dari sejumlah tetua adat di daerah terssebut menyatakan jika merupakan aktivitas doa tahunan ketika akan memulai musim tanam. “karena ini ritual yang kami sebut Mataa, maka ada aturan mainnya yang ditentukan para tetua adat dan parabela,” tandas seorang tetua adat Gonda Baru.

Mataa sendiri merupakan kegiatan budaya yang turun temurun berlangsung sejak lama bagi etnis Laporo, termasuk yang berdiam di Kecamatan Sorawolio. “Kami sangat menghormati adat ini, karena filosofisnya berkaitan dengan permintaan doa kepada Allah SWT, agar hasil pertanian dan perkebunan kami dapat keberkahan sekaligus bisa panen melimpah,” imbu tetua adat itu lagi.

Berkaitan dengan acara ini, Wali Kota Dr. H. AS Tamrin, MH mengingatkan Mataa tidak saja sebagai ritual budaya tetapi juga wadah pemersatu dan pengikat silaturrahim antar warga. “Pupuk terus kekompakan ini, jaga silaturrahim dan terus berikhtiar agar usaha kita senantiasa dirahmati Allah SWT,” tandas wali kota.

Hal lain yang diungkap wali kota berkaitan dengan semangat gotong royong mempersiapkan acara ini, karena itu pemerintah memberi apresiasi positif, sekaligus menjadi program pemerintah untuk menjadikan event ini sebagai salah satu daya tarik wisata Kota Baubau dari unsur budaya. Apalagi kata AS Tamrin, persoalan Budaya merupakan satu dari empat pilar yang menjadi program strategisnya di kepemimpinan Tampil Manis, 2018-2023. (Kominfo Baubau/Voril Marpap)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed