oleh

Jelang Pemilu 2019, Parpol Diminta Laporkan Pendukungnya Jika Belum Terdaftar Di DPT

-POLITIK-596 Dilihat

BUSEL, SPIONNEWS.COM – Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 diminta secepatnya untuk melaporkan nama-nama setiap relawan pendukungnya ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat, jika diketahui belum tercatat sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Imbauan tersebut diungkapkan Ketua PPS Desa Lapandewa, Sirwan S.Pd, usai menggelar pleno terbuka penyesuaian berita acara Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Tahap 2 (DPTHP-2), di Sekretariat PPS Desa Lapandewa pada Minggu (2/12/2019) lalu.

“Tentunya setiap parpol pengusung kandidat calon Presiden dan Caleg itu sudah memiliki data terkait basis massa pendukungnya. Olehnya itu diharapkan agar secepatnya diverifikasi nama-namanya berdasarkan DPT yang telah dikeluarkan oleh PPS ini. Jika ditemukan ada nama yang belum terdaftar sebagai DPT agar dilaporkan kepada kami untuk secepatnya kita usulkan untuk diproses,” ungkapnya.

Ia mencontohkan, dalam data plasma yang dimiliki setiap partai politik tidak menutup kemungkinan memasukan daftar massanya dari kalangan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, yang usianya sudah memenuhi syarat namun belum terdaftar di DPT karena belum memiliki KTP Elektronik.

“Maka seperti itu diharapkan secepatnya diarahkan untuk melakukan perekaman KTP Elektronik, setelahnya baru datang melaporkannya pada kami di PPS ini, agar kami usulkan dan secepatnya diproses untuk bisa menyalurkan hak pilihnya di TPS pada Pemilu Presiden dan Legislator pada 17 April 2019 nanti,” jelasnya.

Lebih lanjut pemuda yang berprofesi sebagai guru magang di SDN 2 Lapandewa Kaindea ini menyerukan arahan khusus kepada parpol setempat dan seluruh masyarakat secara umum, agar secepatnta memastikan atau yang ingin mengecek namanya terdaftar atau belum, bisa dilakukan dengan 3 cara :

1. Datang Ke sekretariat PPS setempat
2. Mengecek secara online di situs https://sidalih3.kpu.go.id
3. Mendownload aplikasi KPU RI Pemilu 2019

“Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti adanya protes dari parpol bahwasanya kenapa ada warga yang tidak mendapat formulir C6. Dan menyalahkan penyelenggara Pemilu yang lalai, padahal kenyataannya memang yang bersangkutan tidak terdaftar karna belum pernah merekam eKTP walau sudah memenuhi syarat umur,” imbuhnya.

Ia pun menambahkan, berbeda jika yang bersangkutan tidak mendapat undangan formulir C6 dan juga belum terdaftar di DPT, namun telah memiliki KTP Elektronik. Maka yang bersangkutan masih memiliki kesempatan untuk mencoblos dalam kategori Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

“Apabila tidak mendapat formulir C6 dan belum terdaftar di DPT, yang dimaksud masih memiliki kesempatan untuk mencoblos. Yakni cukup dengan membawa KTP Elektronik,” tutupnya. (Basri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed