oleh

Mahasiswi Akbid Buton Raya Gelar MMD III Di Desa Lapandewa

-BUSEL, KESEHATAN-1.127 views

BUSEL, SPIONNEWS.COM – Sejumlah mahasiswi Akademi Kebidanan (Akbid) Buton Raya yang menyelenggarakan Praktik Klinik Kerja (PKK) Komunitas di Desa Lapandewa Kecamatan Lapandewa Buton Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara, sejak 26 November 2018 lalu, kini menggelar Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) ke tiga di Desa Lapandewa, di aula SDN 1 Lapandewa pada Rabu 19 Desember 2018 lalu.

Musyawarah tersebut merupakan tahapan akhir, setelah sebelumnya MMD tahap satu dan dua pada beberapa pekan lalu. Dan merupakan musyawarah akhir sebelum penarikan oleh pihak kampus, yang akan dilaksanakan pada Sabtu 21 Desember 2018.

Dalam pelaksanaannya, MMD III itu diselenggarakan guna memaparkan sejumlah capaian program kerja selama kurang lebih 23 hari pelaksanaan PKK Komunitas oleh kelompok mahasiswa Akbid Buton Raya di Desa Lapandewa.

Menurut salah seorang mahasiswi, Indah Astria, selama proses PKK yang dilalui, banyak permasalahan kesehatan yang ditemukan di masyarakat Desa Lapandewa yang terdiri dari dua dusun, Tambunaloko I dan Tambunaloko II. Khususnya, yakni kurangnya pengetahuan tentang kesehatan masyarakat.

“Sejumlah persoalan itu diantaranya yakni, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang HIV/AIDS, Pap Smear (pengambilan sampel di mulut rahim. red), pemanfaatan posyandu, dan ASI eksklusif. Masalah berikutnya, adalah kurangnya pamahaman masyarakat tentang KB, serta kurangnya pengetahuan keluarga tentang pentingnya persalinan difasilitas kesehatan,” ungkapnya.

Diakuinya, namun demikian, setelah teridentifikasi masalah tersebut, pihaknya langsung melakukan tindaklanjut dengan rutin melakukan penyuluhan tentang pendidikan kesehatan masyarakat untuk menekan sejumlah masalah yang dialami masyarakat dua dusun, Tambunaloko I dan II di Desa Lapandewa.

“Setelah melalui sejumlah proses seperti pendataan, intervensi dan implementasi, serta evaluasi, hingga akhirnya permasalahan itu bisa menurun dratis,” imbuhnya.

Dengan demikian, pelaksanaan PKK komuniti yang dilalui 25 mahasiswi yang berposko di Rujab Kepala Desa Lapandewa, seperti yang dikemukakan tersebut telah mencapai hasil yang memuaskan. Walau ada sejumlah harapan yang mendapat perhatian bersama.

“Harapan kita adalah, petugas kesehatan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang merata dan menyeluruh,” katanya.

Dalam sambutanya, Kepala Desa Lapandewa, Yahya S.Pd melalui Kepala Dusun Tambunaloko I, La Dedi Djore S.Pd I, menyampaikan apresiasi kepada kelompok mahasiswa Akbid Buton Raya selama melaksanakan PKK Komunitas di Desa Lapandewa.

“Ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada adik-adik mahasiswi bersama dosen pembimbingnya yang telah memberikan sumbangsih besar terhadap masyarakat di Lapandewa ini, karena telah membantu pemerintah desa melengkapi pembuatan peta desa, serta yang utama membantu masyarakat kita dalam pengetahuan tentang pendidikan kesehatan masyarakat,” tuturnya.

Ia pun berharap kepada para mahasiswi Akbid tersebut, setelah balik ke kampus Buton Raya nantinya, agar kiranya segala capaian program dalam kegiatan PKK itu bisa menjadi bahan masukan ilmu pengetahuan yang bermanfaat kedepannya.

“Semoga apa yang didapatkan selama praktik lapangan ini, jika kesan buruk cukup dikenang pribadi,namun yang baik bisa menjadi cerita bersama nantinya. Sebagai penutup, mewakili Pemerintah desa dan masyarakat Lapandewa kami mohon maaf jika dalam pelayanan terdapat hal-hal yang tidak berkenan,” tutupnya.

Musyawarah Masyarakat Desa ketiga tersebut dihadiri oleh Pemerintah Desa Lapandewa, BPD, Karangtaruna, Bidan dan Perawat Desa, serta masyarakat. (Basri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed