oleh

Malam Tahun Baru 2019, Bawaslu Busel Bakal Patroli

-BUSEL, POLITIK-635 Dilihat

BUSEL, SPIONNEWS.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Buton Selatan (Busel) bakal patroli keliling di kecamatan se Busel yang akan digelar malam hari jelang perayaan menyambut tahun baru 2019 pada Senin 31 Desember 2018.

Komisioner Bawaslu Busel Bidang Organisasi dan SDM, Hastun, S.Pd mengungkapkan, patroli pengawasan itu sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Bawaslu bersama masyarakat untuk giat melakukan pengawasan pada Pemilu 2019 nantinya.

“Yang utama adalah untuk panwascam harus siaga karena nanti kami akan membagi tugas pada setiap kecamatan se Busel, mulai dari Lapandewa hingga Kadatua,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (27/12/2018).

Tujuan digelarnya patroli pengawasan pada malam perayaan jelang tahun baru 2019, kata mantan Pendamping Desa itu, adalah untuk mendeteksi kegiatan kampanye yang melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku, seperti kegiatan kampanye tanpa adanya surat pemberitahuan kepada Kepolisian yang kemudian ditembuskan kepada KPU dan Bawaslu Kabupaten Buton Selatan.

“Karna kami melihat ada potensi kampanye terlarang yang akan terjadi pada perayaan natal dan tahun baru. Dimana, malam tahun baru itu kan tempat berkumpulnya banyak orang sehingga dikhawatirkan pada saat itu nanti disisipkan kegiatan kampanye tanpa melayangkan surat pemberitahuan,” sebutnya.

Kegiatan kampanye yang dimaksud kata dia, adalah mendeteksi kegiatan pembagian bahan kampanye yang keluar dari ketentuan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 23 Tahun 2018.

“Termasuk mendeteksi jangan sampai ditemukan kegiatan pembagian sembako dan lain sebagainya yang ketika dikonversi harganya lebih dari 60 ribu. Kalau pun kurang dari nominal itu, kampanye yang dilakukan juga harus ada izinnya. Sehingga ketika ada sekelompok atau individu yang ditemukan melakukan pembagian bahan kampanye dan tidak melalui pemberitahuan, maka kita akan tindaklanjuti,” tegasnya. (Basri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed