oleh

IKMALTA Sosialisasikan Dampak Media Sosial Bagi Remaja SMAN 1 Lapandewa

-BUSEL, SOSBUD-2067 Dilihat

BUTON SELATAN, SPIONNEWS.COM – Komunitas intelektual Lapandewa yang tergabung dalam lembaga Ikatan Mahasiswa Lapandewa Tambunaloko (IKMALTA) menggelar sosialisasi terhadap dampak penggunaan media sosial pada kalangan pelajar khususnya siswa-siswi di SMAN 1 Lapandewa, pada Jumat (04/01/2019).

Salah satu anggota IKMALTA, La Nare sebagai pembicara saat memaparkan materi sosialisasi, mengungkapkan, perkembangan teknologi di era sekarang ini sangat pesat. Seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi antar manusia dapat dilakukan dengan berbagai sarana, salah satu alat komunikasi internet yang banyak digunakan saat ini adalah twitter, facebook, instagram, whatsapp, dan lain sebagainya.

“Memang sangat bagus bagi para remaja, karna bisa menambah wawasan. Di internet, kita dapat dengan sangat mudah menemukan seluruh informasi yang sangat penting diketahui. Inilah yang menyajikan kepada kita semua kekuatan daya imajinasi dan teknologi komunikasi yang memungkinkan tersebarnya seluruh informasi dalam waktu yang sangat cepat,” ungkap mahasiswa FKIP Biologi UMB di hadapan para siswa siswi.

Dikatakannya, masa remaja adalah masa pencarian jati diri, dan bisa saja dalam proses pencarian jati diri tersebut para pelajar memilih jalan yang benar ataupun yang salah. Memang kemajuan teknologi saat ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat khususnya dikalangan pelajar. Dikarenakan betapa kemajuan teknologi yang telah mempengaruhi gaya hidup dan pola pikir para pelajar.

Foto Peserta Kegiatan Sosialisasi Pengaruh IPTEK oleh IKMALTA di SMAN 1 Lapandewa

“Kini teknologi telah berkembang pesat dan semakin canggih seiring dengan perkembangan zaman. Sehingga menjadi penambahan fungsi teknologi yang semakin memanjakan manusia khususnya dikalangan pelajar,” tuturnya.

Apalagi kata dia, banyaknya pengaruh positif adanya perkembangan teknologi dikalangan pelajar seperti, dengan adanya internet para kaum muda dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. Juga sebagai media pertukaran data, mempermudah proses pembelajaran bagi para pelajar khususnya dibidang pendidikan, dan yang utama para remaja tidak gagap teknologi sehingga dapat mengikuti perkembangan Era Teknologisasi Dunia.

“Namun begitu, juga ada sejumlah dampak negatif dari perkembangan teknologi bagi para pelajar, salah satunya dari media sosial, manusia dapat kehilangan privasinya akibat terlalu seringnya mengunggah sesuatu ke media sosial. Dan yang paling utama adalah salah menggunakan media sosial juga mengganggu konsentrasi dalam proses belajar mengajar. Itu sebabnya setiap sekolah melarang siswanya untuk tidak membawa dan menggunakan ponsel selama proses belajar. Terlebih lagi, banyak kasus yang menimpa akibat dampak cyber crime dari media sosial,” paparnya.

Foto Bersama Usai Kegiatan Sosialisasi Pengaruh IPTEK oleh IKMALTA di SMAN 1 Lapandewa

Di tempat terpisah, Ketua Umum IKMALTA, Ludiangga, juga mengakui, perkembangan teknologi sepertinya tidak ada habisnya untuk dibahas, terutama perkembangan media sosial.

“Akhir-akhir ini beberapa dampak positif maupun negatif sepertinya muncul satu persatu secara perlahan. Itulah sebabnya mengapa kita mengangkat tema “Dampak Penggunaan Iptek di era Milenial” khususnya di kalangan pelajar,” ungkap Ketum IKMALTA saat diwawancara usai sosialisasi.

Dengan demikian, mahasiswa Fakultas Ekonomi Unidayan ini, berharap, dengan mengangkat tema tersebut, media sosial selain menjadi media penghibur, dan lahan untuk bersilatuhrahmi serta lahan pusat infomasi terupdate, tentunya media sosial ini dapat di gunakan dan memiliki sejuta keuntungan jika dipergunakan dengan baik dan benar.

“Sosial media memang berdampak negatif di satu sisi. Tetapi jauh lebih dari itu, media sosial ternyata membawa efek positif bagi yang cerdas menggunakannya,” imbuhnya.

Menanggapi kegiatan tersebut, Kepala SMAN 1 Lapandewa, La Sonco, S.Pd, melalui pengajar Bimbingan Konseling, La Diy, S.Pd mengaku sangat mengapresiasi sosialisasi yang digelar rekan-rekan IKMALTA.

Menurutnya, melalui kegiatan tersebut, siswa/siswi diajak untuk membuka pola pikir terhadap perkembangan media sosial yang tidak dapat dicegah maupun diatasi. Namun sebagai generasi penerus bangsa tentunya harus lebih pintar dalam menggunakan, dan memanfaatkan hasil dari perkembangan zaman khususnya gadget dan media sosial.

“Kegiatan ini sangat bagus, himbauan kami tentu sosialisasi yang diadakan adik-adik IKMALTA ini bisa membawa perubahan karakter dan paling terpenting para siswa dapat menggunakn IPTEK secara benar dan baik. Serta saran kami diupayakan kegiatan dengan tema seperti ini agar juga digelar di sekolah tingkat SMP, sebab penting upaya pencegahan ditanamkan sejak usia dini,” tutupnya. (Basri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed