oleh

Demokratis, Ini 7 Anggota BPD Desa Lapandewa Terpilih

-BUSEL, HEADLINE, POLITIK-1811 Dilihat


BUTON SELATAN, SPIONNEWS.COM – Panitia Pelaksana Pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2019-2025, Desa Lapandewa Kecamatan Lapandewa Kabupaten Buton Selatan Sulawesi Tenggara, Minggu (10/2/2019) telah menggelar pemilihan anggota BPD yang berlangsung secara demokratis di Balai Desa Lapandewa.

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan, La Yadi S, S.Pd saat sambutannya mengungkapkan, penjaringan peserta calon anggota BPD terdiri dari perwakilan 2 lingkungan Dusun Tambunaloko I dan Tambunaloko II, sesuai dengan Juknis dan mengacu pada Permendagri No. 110 Tahun 2016 Tentang Badan Permusyawaratan Desa.

“Sebagai bentuk demokratis, sehingga wajib pilihnya kita tentukan dengan menghadirkan perwakilan seluruh elemen masyarakat yang terdiri dari 20 RT, LPM, karang taruna, tokoh adat dan tokoh agama serta Pemerintah Desa Lapandewa,” ungkapnya.



Dikatakan, tahapan pemilihan ini setelah melalui proses penjaringan pendaftaran calon anggota BPD Desa Lapandewa sejak 29 Januari hingga 2 Februari 2019, dengan kuota yang diperlukan sebanyak 7 orang anggota BPD Desa Lapandewa.

“Peserta yang mendaftar ada 8 orang yang terdiri 2 orang dari perwakilan perempuan dan 6 orang laki-laki, dengan 3 orang dari Dusun Tambunaloko I, dan 4 orang perwakilan dari Dusun Tambunaloko II,” sebutnya.

Namun demikian, setelah verifikasi dan penetapan 8 orang calon anggota, kemudian ada peserta yang mengajukan permohonan pengunduran diri sebelum hari pemilihan, sehingga hanya 7 orang calon anggota yang hadir.

“Tiba-tiba satu peserta atas nama Wa Yerni mengajukan surat permohonan pengunduran diri tertanggal 8 Februari 2019. Dengan demikian setelah melihat calon anggota tinggal 7 orang ini, maka disimpulkan untuk dipastikan bahwa ke 7 orang ini dinyatakan terpilih semua sesuai kuota jumlah anggota BPD untuk Desa Lapandewa,” jelasnya yang langsung disetujui oleh semua hadirin.



Dengan demikian ke 7 calon anggota yang ada itu dinyatakan terpilih menjadi anggota BPD Desa Lapandewa periode 2019-2025, sesuai kesepakatan forum seluruh perwakilan elemen masyarakat yang hadir bersama Pemerintah Desa Lapandewa dan disaksikan oleh perwakilan Pemerintah Kecamatan Lapandewa.

“Selanjutnya satu dua hari ini, panitia akan menggelar pemilihan ketua, wakil ketua dan sekretarisnya yang dipilih langsung oleh 7 orang anggota itu sesuai juknis. Setelah itu baru diserahkan ke pihak kecamatan, yang kemudian diteruskanya ke Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Busel, yang selanjutnya ditindaklanjuti oleh pak Bupati untuk dibuatkan SK,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Lapandewa, Yahya S.Pd menjelaskan, BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan Pemerintah Desa.

Sehingga diharapakan agar nantinya Anggota BPD yang baru dapat terus menjaga sinergitas dan komunikasi dengan Pemerintah Desa. Untuk sama-sama mewujudkan pembangunan yang ada di Desa Lapandewa, dimana peran serta dari BPD juga sangat menentukan kemajuan desa.

“Saya berharap agar nantinya Anggota BPD yang baru terpilih dapat terus menjaga komunikasi yang baik dan terus bersinergitas dengan Pemerintah Desa, untuk kemajuan Pembangunan yang ada di desa yang kita cintai ini.” harap Kades yang akrab disapa Yamin, dihadapan seluruh elemen masyarakat dan anggota BPD terpilih.

Berikut 7 Anggota BPD Desa Lapandewa Periode 2018-2025 yang terpilih.
1. Jolani, S.Pd
2. Rahman, S.Pd
3. La Yudi, S.H.I
4. Basyuni Caro (petahana)
5. La Iri (petahana)
6. Masri (petahana)
7. Muliati (perwakilan perempuan).*

Reporter: Basri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed