oleh

Rumah Gaib Dalam Hutan Labusango

BAUBAU – Hutan Labusango yang terkenal sebagai paru-paru dunia itu, selain mengandung kekayaan hayati yang unik, mulai dari moyet terkecil dunia, sampai binatang terkejam di dunia Anoa.

Ketika Pemimpin Redaksi Spionnews bertemu dengan kakek La Marihi di rumahnya Jalan Labuke, dalam benteng Keraton Buton, Kamis (12/03/2020) mengatakan; “Ketika kakek bersama teman-teman berburu Rusa di hutan Labusango, lama perjalanan yang ditempuh sekitar 6 jam membuat perut kami kelaparan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, ketika itu seorang temannya bernama La Dupa mengatakan; “Kita sedang berada di hutan Labusango, bila kita beruntung kita akan bertemu dengan rumahnya para leluhur yang tinggal di hutan ini,” ungkap temannya kepada kakek berumur 100 tahun itu.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan; “Syarat bila kita bertemu rumah itu, kita tidak boleh berbicara selama berada di tempat itu, dan kita hanya boleh berbicara setelah meninggalkan rumah itu, bila berjalan telah berjarak 40 langkah,” jelasnya.

Setelah berjalan selama 2 kilo, mereka pun menemukan rumah gubuk beratap nipa, dan berbagai bahan makanan yang lengkap, ada 1 keranjang penuh telur ayam, dan ikatan padi sekitar 2 ton bila ditimbang, pohon terong gagah berdiri seputar keliling rumah itu.

Seperti yang telah disampaikan oleh La Dupa teman kakek tersebut mereka hanya memasak dengan bahan yang ada dalam rumah itu, tanpa mengeluarkan suara sedikit pun, setelah mereka selesai makan dan pergi dari rumah itu, teman kakek La Dupa mengatakan;

“Bila kita berbicara tadi, maka kita tidak akan menemukan jalan pulang, dan bila kita mengambil barang mereka, maka kita akan tersesat di hutan selamanya,” jelas La Dupa pada kakek, saat itu tahun 1967.

Dirinya pun mengungkapkan; “Kejadian itu tidak hanya sekali, yang kedua kali kami berburu sapi hutan yang telah tertembak, karena sudah lama berjalan mereka pun tersesat di hutan Labusango, kami menemukan rumah seperti itu juga, namun kali itu yang berbeda ada sekantong ikan yang masih segar,” jelasnya.

Lebih jauh dirinya menambahkan, itulah Rumah Gaib orang Wakokili yang ada di dalam hutan Labusango. (Hari23)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed