oleh

Jagung Dan Padi Dimakan Hama

-BUSEL, BUTON, HEADLINE-614 Dilihat

BUTON – Hasil panen jagung tahun ini kurang memuaskan, Saat ditemui seorang petani jagung yang ada di Desa Labuandiri, Sabtu, 14/03/2020, La Mane mengatakan; “Hasil panen jagung tahun ini kurang bagus. Hal ini disebabkan karena banyak ulat yang memakan daun, bahkan sampai dengan isi jagungnya,” ungkap anak kedua dari 3 bersaudara itu.

Ia menambahkan, ketika kami memberikan obat anti hama pun, malah banyak tanaman yang rusak juga. Oleh sebab itu dirinya tidak banyak menggunakan obat hama untuk tanaman jagungnya.

Saat ditanya apakah tanaman padi ladang ada hasilnya, La Mane menjelaskan; “Untuk tanaman padi malah lebih hancur, awalnya tumbuhnya bagus dan subur, setelah mau memasuki bunga, hampir semua tanaman menjadi kering batangnya, mungkin karena panas dan hujan yang tidak stabil, kalau tahun lalu tidak seperti ini, malah lebih bagus,” ungkapnya.

Ia pun menegaskan bahwa, tanaman rata-rata jagung dan padi kurang bagus hasilnya.

Ketika ditemui dikebunnya dan ditanya; Sejauhmana Pemerintah Kabupaten Buton melihat kejadian ini? Petani jagung itu mengungkap; “Belum ada penanganan dalam mengatasi masalah ini oleh pemerintah, kami selaku petani hanya mengatasi dengan mengganti tanaman dari jagung ke ubi kayu,” ucapnya.

Di tempat terpisah, hal serupa juga dikatakan oleh La Udin yang menanam jagung di Desa Gunung Sejuk, mengatakan; ” Jagung untuk tahun ini memang kurang bagus karena banyaknya hama yang menyerang tanaman, jadi kami hanya bisa menganti tanaman nenjadi tanaman ubi kayu,” ungkap Udin ketika ditemui Jumat, 13/03/2020. (Hari23)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed