oleh

Setengah Hektar Jadi 40 Karung Gabah

Baubau-SP. Pertanian sebagai faktor utama dalam mengembangkan daerah, karena dengan adanya pertanian maka sumber daya pangan akan meningkatkan kualitas masyarakatnya. Persawahan kadang menjadi patokkan utama dalam menyiapkan sumber pangan yang ada di Kota Baubau.

Ketika ditemui seorang masyarakat petani sejak tahun 2010 lalu, Mansur Abdullah mengatakan; “Pertanian buat saya adalah pekerjaan yang sangat menjamin karena sisi kehidupan kita menjadi baik, dimana dengan menjadi petani kita bisa saling berbagi dengan orang lain,” ungkap lelaki asal Sumatera itu.

Ia juga menjelaskan perihal dirinya beserta keluarga datang dari Sumatera ke Baubau, awalnya untuk berdagang namun karena suatu kejadian maka dirinya beserta keluarga harus menetap dan tinggal di Kota Baubau sejak 2010.
“Waktu saya berada di Wonco bersama keluarga, dengan sisa modal yang ada, saya meminjam lahan dari masyarakat setempat untuk bekerjasama, jadi kami menyewa peralatan sawah seperti traktor sawah, dan kami juga menyewa beberapa masyarakat lokal untuk membantu membuatkan sawah kami yang hanya setengah hektar,” jelasnya Kamis, 21/01/2021.

“Waktu kami menyewa tanah untuk membuat sawah, pekerja yang saya sewa, saya beri makan, mulai dari sebelum bekerja, jam 6 pagi, minum teh dan rotinya, setelah itu mereka harus makan pagi, nanti kalau sudah kenyang baru boleh mereka kerja, jam 8, saya buatkan kopi dan rotinya, nanti jam 11 mereka harus sudah makan lagi,” ungkapnya.

Ia menambahkan setelah jam 3,  semua pekerja disuruh makan besar, setelah itu baru minum kopi dan kue, habis makan baru mereka kerja lagi. Nanti jam 5 mereka makan baru pulang.
“Ada salah satu pekerja saya bertanya kenapa kami kok diberi makan banyak, ya saya jawab, kalau di Sumatera seorang pekerja petani harus banyak makan, karena dengan begitu hasil yang akan kami terima akan banyak juga,” jelasnya pada pekerja kasarnya itu.

Setiap ada kesempatan ia selalu bersyukur kepada Allah SWT. “Dan Alhamdulillah dalam setengah hektar, kami berhasil mendapatkan 40 karung gabah,” cerita Abdul kepada wartawan spionnews. (Hari)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed