oleh

Peringati Kematian, Pemuda Bola “Piala Sau”

-BUSEL, HEADLINE, SOSBUD-1475 Dilihat


BUSEL, SN – Sejumlah Pemuda Desa Bola Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan menggelar tradisi Piala Sau (bahasa cia-cia), artinya ambil kayu pada Rabu (20/01/2021). Ini dilakukan dalam rangka untuk memperingati tujuh dan empat puluh hari kematian masyarak setempat.

Ketua Karang Taruna Desa Bola, Tamrin menjelaskan, kegiatan Piala Sau (ambil kayu’ red) sudah menjadi tradisi turun temurun di Desa Bola setiap hari ketujuh, empat puluh dan seratus hari pasca kematian warga setempat.

“Kegiatan “Piala Sau” sudah dilakukan secara turun temurun dari nenek moyang dulu. Ini biasa sudah menjadi tugas kami pemuda Desa Bola”, ucapnya.

Kayu yang dikumpulkan seluruh pemuda itu kemudian diserahkan kepada yang berduka guna dijadikan sebagai bahan bakar memasak makanan yang akan disajikan oleh keluarga almarhum/almarumah dalam peringatan malam ketujuh, ke empat puluh maupun keseratus almarhum/almarhumah. Dengan begitu, sehingga beban keluarga yang berduka akan menjadi ringan.

Tradisi ini selain meringankan beban keluarga yang berduka, juga untuk menjadikan hubungan kemasyarakatan yang erat, menciptakan persatuan kaum muda, dan generasi yang lebih baik kedepannya dan memupuk budaya hidup gotong royong.

Kegiatan Piala Sau Pemuda dikomandoi Tamrin selaku Ketua Karang Taruna Desa Bola. “Semua kayu yang dibutuhkan sudah memenuhi standar, maka semua akan diantar di rumah yang berduka. Saya merasa bangga, senang dan bahagia karena merasa begitu ringan jika suatu pekerjaan dilakukan secara bergotong royong”, lanjutnya.

Diakhir wawancarnya, Tamrin mengajak seluruh masyarakat Desa Bola agar meningkatkan budaya hidup bekerja sama, pasalnya dengan kerja sama akan membuat suatu pekerjaan yang berat menjadi ringan.

Peliput: Laode Ramadan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed