oleh

Senam Sehat “Program Percontohan di Forum Kota Sehat di Kota Baubau”

-BAUBAU, HEADLINE-454 Dilihat
Senam bersama anggota Forum Kota Sehat Kota Baubau

SPNews.com, Baubau – Penyelenggarakan Kota Sehat, yang ada di Kota Baubau Sabtu, 20/3/2021 menyelenggarakan Senam Sehat bersama seluruh anggota Forum Kota Sehat bertempat di Jln. Dayanun Ikhwanuddin No. 59A. Lingkungan Kantor Dinas Pendidikan Kota Baubau.

Dalam kegiatan senam sehat dilakukan Sabtu pagi, mulai dari pukul 8.00 sampai selesai, dalam senam pagi kami di pandu oleh Instruktur senam Kota sehat, dan dalam salah satu lagu senam sehat ada lagu PO 5 sebagai lagu senam sehat.

Saat ditemui Sekretaris Forum Kota Sehat Imran Kudus, S.Pd, M.Sc. , mengatakan “Program senam sehat, kami lakukan dalam bentuk memberikan dukungan penuh kepada seluruh anggotanya, dimana sebagai salah satu program dari Forum Kota Sehat, dalam memberikan contoh kepada Anggota Forum Kota Sehat, baik yang ada di tingkat kecamatan, maupun Pokja di tingkat Kelurahan, agar setiap anggota bisa saling mendukung dalam program Kota Sehat. ” ungkapnya.

Salah satu program Forum Kota Sehat, yaitu bagaimana membentuk Kota Sehat, dimulai dari tertib administrasi, dimana setiap kesekretariatan yang ada di tingkat Kecamatan dan di tingkat Kelurahan, untuk tetap terus saling mendukung agar bisa tetap menjalankan program Kota Sehat di Kota Baubau.

“Program Kota Sehat merupakan program pemerintah untuk mendorong masyarakat dalam menciptakan, Kota yang sehat, dimana Kota yang itu, masyarakatnya akan merasa aman, nyaman, tidak hanya sehat secara fisik tapi sehat juga secara psikologi, tapi sehat juga secara pendapatan keuangan” jelasnya setelah melakukan senam sehat bersama.
Kota sehat itu, Kata Imran, selama ini, banyak dari Forum Kecamatan dan Pokja Kelurahan yang kurang tertib dalam administrasi, dimana setiap Forum Kota yang ada di Kecamatan dan Pokja di Kelurahan, untuk merapikan sekretariat yang ada, minimal setiap harinya ada yang piket, agar ketika ada tamu dari luar, bisa langsung di akomodasi lebih baik lagi.

“Untuk sekretariat Kota telah diadakan Piket setiap hari dari Senin sampai Jumat, dan hari Sabtunya kami melakukan senam bersama, dan bila ada yang masyarakat mau ikut, kami persilahkan untuk gabung” tuturnya.

Dimana harapannya, kata Imran, Kegiatan ini, bisa menjadi contoh kongkrit yang harus di ikuti, dari tingkat Kecamatan dan kelurahan, sehingga banyaknya potensi ekonomi kreatif yang ada di masyarakat bisa di kembangkan menjadi masyarakat mandiri, dalam program Kota Sehat.

“Ada 9 prospek yang harus dilakukan diantaranya Pemukiman sehat, sarana dan prasarana umum, sarana lalulintas yang tertib, Pertambagan sehat, Kawasan Hutan Sehat, Kawasan perkantoran sehat, maka di program perkantoran sehat inilah yang menjadi titik utama dalam bagaimana setiap anggota Forum Kota Sehat dari Kecamatan sampai kelurahan yang masing – masing sekretariat ada di Kantor Kecamatan dan Kelurahan daerah masing- masing” Ungkapnya.

Yang menjadi target, tutur Imran kepada Pimred Spionnews.com yang Bersiraturahmi di Kantor Forum Kota Sehat Kota Baubau, Lanjutnya dalam tiap kelurahan diharapkan ada pariwisata sehat, karena Kota Baubau adalah daerah wisata, maka itu menjadi Icon untuk bisa mengembangkan Kota sehat menjado lebih maju.

“Tatanan ketahanan pangan dan gizi, dimana dulu, sebelum masa Pandemic masyarakat sering membuat hidroponik sebagai bentuk pemanfaatan lahan rumah dalam menghasilkan nilai ekonomi, dimana anggota PKK juga mendorong untuk masyarakat tetap terus berkembang” jelasnya.

Selanjutnya, kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, dan akhirnya menciptakan kehidupan sosial yang sehat. Dimana ada masyarakat yang menganggur akan mendapatkan pekerjaan dengan adanya program Kota Sehat yang berkelanjutan, serta mampu menciptakan pemuda yang mandiri dan inovatif dalam berkehidupan kebangsaan dan bernegara.

“Dengan itu semua akan menjadikan, lingkungan sosial yang aman, dan nyaman serta sehat dan bisa menjadi Kota Sehat percontohan karena di Tahun 2017 di bulan November, Kota Baubau mendapatkan penghargaan Kota Swansti Saga Wiwarda, dan tahun 2021 dan 2023 Kota Baubau memasuki penghargaan Swansti Saga Wistara.

Liputan : Hari23

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed