oleh

Pemuda Negarawan “Siap Membangun Negeri dari Hal Kecil”

-BAUBAU, SOSBUD-459 Dilihat

SPNews.com, Pemuda merupakan awal seorang manusia memasuki jati diri menjadi dewasa, Pemuda orang – orang yang akan selalu merasa benar dalam semua tindakan hidupnya, dan pemuda wujud dari impian semua generasi tua yang akan disiapkan untuk melanjutkan sisi kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Marilah kita menyimak perjalanan apakah seorang pemuda itu….?
Pemuda di bagi menjadi 3 tahapan, pertama pemuda yang senang akan dirinya sendiri, kedua pemuda yang senang melihat orang lain senang, dan ketiga pemuda yang siap menyenangkan orang lain.

Pada pemuda yang pertama pemuda biasanya terjadi di pemuda Indonesia zaman sekarang, dimana setiap pemuda berupaya untuk mencapai impiannya masing- masing, baik cara buruk atau cara baik.

Karakter dan sifat pemuda pertama ini, dia hanya mementingkan diri sendiri dan bagaimana memanfaatkan orang lain agar dirinya mendapatkan apa yang diinginkan, contoh pemuda jalanan ( Preman) dirinya beranggapan bahwa dia yang paling jago, sehingga semua pasar dapat di kuasai dan dari masyarakat sekitar karena takut membayar pajak, keamanan dan sejenisnya. Pemuda sejenis ini tak mau tahu akan perasaan orang lain, dirinya hanya akan melakukan apapun agar keinginannya tercapai, namun kebanyakkan merugikan orang lain.

Pemuda Kedua, Pemuda Kantoran ( Pegawai ) untuk karakter yang satu ini, setiap saat pergi pagi pulang sore, kadang pergi pagi pulang Minggu depan, karena banyak hal yang harus di perbincangkan membuat dirinya sibuk dengan berkerja menghadapi data, berkas dan laporan yang setiap harinya tak pernah habis, sehingga lupa akan jati diringa menjadi generasi bangsa siap Berkarya. Dari kebanyakkan bekerja untuk orang lain.
Tugas pemuda ini untuk terus membaca data, menyusun data dan menyampaikan data, laporan dari karya orang lain, agar orang tersebut dikatakan berupaya keras melakukan satu hal yang banyak dan besar, namun terkadang hanya sebagian kecil yang merasakannya. Pemuda ini akan selalu mendapat arahan dari atasannya, dalam setiap aktivitas kerjanya.

Pemuda ketiga, Pemuda Alam ( Petani ) karakter dan sifat pemuda yang satu ini, tampilan acak-acakan, kotor dan juga sering di anggap paling buruk, namun dirinya melakukan itu sebuah tugas mulia, yaitu merawat dan mengembangkan subsidi makanan agar orang lain tak merasakan kelaparan, karena bagi pemuda seperti ini, tak banyak bicara namun hanya melakukan 1 hal, agar dia bisa tetap hidup, orang lain bisa makan dan negara bisa sejahtera. Dirinya melakukan perbuatan kecil namun hasilnya besar.

Pemuda yang siap menjadi generasi penerus bangsa dan berjiwa negarawan merupakan pemuda yang siap berkarya kecil namun bercita rasa besar, sehingga negara bukan digerakkan dari pusat, namun diwujudkan dari tingkat pribadi yang siap membangun diri yang dewasa sehingga mampu mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menyelesaikan masalah daerah, hingga mencerminkan kondisi negara yang aman, nyaman dan sejahtera baik untuk pemuda, generasi tua dan generasi anak – anak di masa depan.

Narasi, PemRed Spionnews.com
Hariyadi, S.Kom

Selamat berkarya Pemuda Muhammadiyah di Milad ke 89 semoga Jaya dalam pengabdian kepada Bangsa dan Negara Indonesia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed