oleh

GENERASI EMAS BUTON SELATAN “Ormas Mahasiswa Sosial – Kultural”

-SOSBUD-860 Dilihat
Logo GEN EMAS

SPNews.com, Buton Selatan – Gerakan Pelajar Mahasiswa Kecamatan Sampolawa Baubau (GEN EMAS BAUBAU) melakukan kegiatan, “Silaturahmi dan Study Tour Lintas Organisasi”. Berkunjung disalah satu organisasi, yaitu Gepprasi Busoa-TuaMaruju. GEN EMAS dan GEPPRASI BUSOA-TUAMARUJU adalah beberapa organisasi yang ada di Buton Selatan, Sulawesi Tenggara.

Ketua GEN EMAS. Yanton

Saat dikonfirmasi pada salah satu Ketua Organisasi Mahasiswa. Ketua GEN EMAS. Yanton mengatakan, “Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membangun hubungan yang erat sesama organisasi yang berkecimpung dalam dunia pemikiran, literasi dan sosial kultural” ungkapnya. Beberapa waktu lalu, Rabu 5/5/2021 di Sekretariat GEN EMAS.

Selain itu, kata Yanton, menambahkan, sebagai satu upaya saling berbagi informasi dan kabar terkait segala macam dinamika yang dialami. Juga, saling memberi solusi dan spirit dalam ruang-ruang gerak. Tak terlepas, sebagai satu upaya saling mengawal dan menjaga antara organisasi terhadap masyarakat dan “elit penguasa dan politik”, agar organisasi bisa terus berjalan sebagaimana relnya.

Di sisi masyarakat, Ucap Ketua Gen Emas, kita berupaya untuk terus menciptakan lingkungan yang akrab dengan dunia literasi, membangun nalar paradigmatik dan kritis, serta memelihara kearifan lokal dalam kultur yang ada.

Di sisi “elit penguasa dan politik”, kita berupaya untuk tidak dijadikan “kendaraan politik” dengan dalih kepentingan rakyat.

Eva Ketua Gepprasi

Di pihak yang lain, Eva, Ketua Gepprasi Busoa-TuaMaruju turut memberi respon atas kegiatan tersebut. Menurutnya, “Dengan diadakannya Kegiatan Silaturahmi dan Study Tour Lintas Organisasi ini, tentunya selain bermanfaat juga memberikan dampak positif yang kemudian dapat menjadi suntikan motivasi dan semangat untuk kedepannya. Kami berharap GEN EMAS juga melakukan hal yang sama kepada organisasi maupun komunitas lainnya. Kami pun mengajak organisasi yang lain untuk membuka diri dan turut berpartisipasi”.

Ketua DPO GEN MAS
Asrul Kaspaola

Hal senada dikatakan juga oleh salah satu Dewan Penasihat Organisasi (DPO) GEN EMAS, Asrul Kaspaola, Menambahkan “Yah, kami akan berupaya untuk melakukan hal ini kepada organisasi-organisasi yang lain, khususnya (untuk saat ini) adalah organisasi yang berada di Buton Selatan” tuturnya.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, tambah Asrul, Katanya, kita berharap membuka jalur baru terhadap cara pandang organisasi lain khususnya yang ada diwilayah Busel supaya berbenah dari pola lama yang berbau “Politik Praktis” menjadi “Sosial-Kultural” sebagai basis pembentuk karakter generasi.

“Kita berharap independensi dan kemandirian bisa terjadi pada sisi organisasi. Dan berharap eksistensinya terus berlangsung, kendati bukan hal yang mudah” ucapnya.

Harapannya, “Semoga ikhtiar-ikhtiar kecil seperti ini bisa memberi manfaat. Juga, kita terus diberi kesehatan dan kekuatan untuk terus melakukannya”.

Editor : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed