oleh

Sombong Rusaknya Perilaku Manusia

-BAUBAU-657 views

“PRILAKU MANUSIA SALAH SATU RUSAKNYA TATANAN KEHIDUPAN MANUSIA”

SPNews.com, Busel – Manusia Adalah Makhluk Sosial Memiliki Sikap Yang Berbeda. Praktek arogansi hidup telah menjadi fenomena umum dalam kehidupan manusia.

Sebagaimana, Serka La Rahidi S. Sos, Dalam Penyampaiannya pada Khutbah Idul Fitri 1442 H/,Kamis 13 Mei,2021 di Desa Bola

Serka La Rahidi S. Sos, menyampaikan bahwa perilaku manusia yang dapat merusak tatanan kehidupan manusia adalah kesombongan, sebagai mana kesombongan itu yang sering kita saksikan praktek keangkuhan.Sering terdengar atau kita saksikan orang melecehkan yang lain nya.karena perbedaan level pendidikan.Banyak yang meremehkan dan melecehkan yang lainnya.Jelas hal ini, termasuk seseorang yang menyombongkan diri akibat titel yang banyak melekat pada namanya.

Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda desa Bola

Sering mengatakan kalau berdebat” sudah berapa buku yang anda baca untuk menantang saya,”yang tak lain adalah wujud kesombongan.

Disamping kesombongan intelektual,Ada juga kesombongan di kehidupan sosial yang mungkin kita atau lainnya sering mempraktekkannya.Ada yang begitu bangga dengan darah kebiruannya sehingga meremehkan yang lainnya.Ada pula yang begitu sombong dengan kekayaannya sehingga seenaknya memandang rendah terhadap orang-orang yang tak punya.Ada yang sering mengatakan ketika berdebat “Aku sudah lebih banyak makan asam garam dari kamu” dan yang diremehkan menjawab makanya kamu lebih tinggi darah dari saya.”

Suasana Sholat Id di Desa Bola Busel

Hal ini, tidak kala sering pula kita dengar dan saksikan adalah kesombongan keberagamaan, Ada orang merasa lebih shaleh sehingga dengan mudah nya menasihati orang lain tanpa pendekatan yang bijak karena merasa lebih suci,dan bahkan sering terungkap kata mengkafirkan orang lain karena tidak mengikuti ajakan atau pendapat Nya.

Mengapa Allah SWT sangat membenci kesombongan,Karena kesombongan adalah kunci bagi matinya kehidupan, kesombongan dapat membunuh nilai-nilai kemanusiaan, egois, tidak menghargai orang lain, tidak punya sifat toleransi dan tidak memiliki sifat empati.
Lewat Khutbah Idul Fitri ini semoga kita terhindar dari sifat keangkuhan yang dapat menghancurkan citra/fitrah manusia;

Kondisi Sholat Id Di Desa Bola 2021

Akhir kata dan Doa,khutbah Idul Fitri Ya Allah yang maha kuasa,pada hari yang fitrah ini kami berkumpul dalam melaksanakan kewajiban kami sebagai hamba-mu yang tak luput dari dosa mohon pengampunan nya, dosa kedua orang tua kami, keluarga,kaum muslimin/muslimat yang lainnya dan dosa para saudara, keluarga, orang tua kami terdahulu yang telah wafat.” berikan kami kebahagiaan, kesehatan dan umur panjang.

Ya Allah SWT ya Tuhanku, sebagai mana engkau tahu.”Bahwa Negeri kami saat ini sedang di landa bencana Covid-19 yang mengakibatkan maraknya kematian di berbagai belahan dunia, Jagan limpahkan musibah ini kepada kami akibat dosa/kesalahan yang kami lakukan”lindungi kami dari wabah Virus Corona bila ada yang reaktif atau positif angkat lah penyakit nya;

Ya Allah SWT,Lindungi desa kami (Desa Bola) Kabupaten ( Buton Selatan) Dan Negara Kami Jagan timpahkan musibah yang amat berat yang tak dapat kami memikulnya,kuatkan ukhuwah islamiah,iman kami agar kami tidak bercerai berai ya Allah’ jadikan Negeri kami sebagai negri baldatun tayyibatun wa rabbun ghafuur, Amiin ya rabbal alamin.

Peliput : Laode Ramadan

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed