oleh

Gerhana Bulan Bagi Orang Buton Serta Pandangan Islam

-BAUBAU, HEADLINE, SOSBUD-2.323 views

SPNews.com, Baubau – Gerhana Bulan tahun ini, memasuki antara Selesai Sholat magrib dan sholat Isa, hal ini menjadi tanda alam, dan fenomena yang jarang terjadi.

Untuk tahun ini, Gerhana bulan bertepatan dengan Hari Waisak, Rabu, 26/5/2021. Dan hari ke 15 Syawal 1442 H. Saat ditemui salah satu masyarakat adat Buton yang memegang Kutika Waktu, dirinya yang tidak mau disebutkan Namanya, mengatakan “Untuk tahun ini, berdasarkan pengangan Para orang tua, dari buku Kutika waktu yang ada sama saya, Gerhana Bulan Tahun ini, masuk pada bulan Syawal, dan artinya, akan turun penyakit dan banyaknya orang yang saling berbantah – bantahan antara manusia” tuturnya.

Ia menambahkan, selain itu karena gerhana pada 15 bulan di langit, dan pada hari Rabu, maka akan datang, naas ogena, artinya akan terjadi musibah besar, bagi umat manusia di seluruh dunia.

“Dengan adanya Gerhana Bulan tahun ini, diharapkan setiap orang Buton mulai memperkuat imannya, karena akan banyak musibah yang akan menggoyangkan iman Manusia” hanturnya.

Foto : Zubair, SH. M.Hum, Khotbah Sholat Gerhana Bulan, Rabu, 26/5/2021

Pada waktu yang bersamaan, generasi IMM Kota Baubau melaksanakan Sholat Gerhana Bulan, dan membawakan Khotbah Sholat Gerhana, oleh Zubair, Menjelaskan “Rembulan dan matahari adalah tanda-tanda kekuasaan Allah, dan Gerhana menjadi salah satu peristiwa alam yang akan memperkuat keimanan kita, akan kebesaran sang illahi” Ucapnya.

Zubair menambahkan, Pernah terjadi di zaman Rasulullah Gerhana Matahari, dengan ada sholat gerhana tersebut, Rasulullah melakukan Sholat Gerhana, dimana dalam sholat itu, lebih lama ruku dan sujud pada rakaat pertama dari pada ruku dan sujud di sholat rakaat ke kedua.

Foto : Akhir Gerhana Bulan, Rabu, 26/5/2021

“Jika kalian melihat gerhana maka perbanyaklah berdoa, sholat dan bersedekahlah, dalam meningkatkan Iman kita” ungkapnya.

Akhir khotbahnya, Zubair mengatakan, Dengan adanya gerhana diharapkan setiap manusia mulai memperbaiki, diri demi memberikan sisi keimanan agar meningkatkan kwalitas keimanan kita.

Liputan Khusus : Hari

Foto : Khotbah Sholat Gerhana Bulan Rabu, 26/5/2021
Foto : IMMawan Kota Baubau Ikut Sholat Gerhana Bulan, Rabu 26/5/2021, Palatiga. Komplek SMA Muhammadiyah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed