oleh

Lukisan Alam Goa Lakasa, Icon Kota Baubau Hilang

-BAUBAU-1078 Dilihat
Foto : keadaan air di dalam Goa Lakasa.

SPNews.com,BauBau – Bertempat di Kecamatan Betoambari Kelurahan Sula’a, Gua Lakasa ditemukan sejak beberapa tahun lalu, Gua ini di kenal ketika masa pemerintahan Walikota Amirul Tamim.

Gua ini di beri nama Lakasa, dikarenakan orang tua yang menemukannya adalah La Kasa, yang bertempat tinggal di Kelurahan Lipu, kecamatan Betoambari, Kota Baubau.

Foto : sisi langit – langit Goa Lakasa.

Gua Lakasa tepatnya berada di pinggir kebun La Kasa, Ketika Wartawan Spionnews.com, mengambil keterangan dari salah satu Anak dari Pemilik/Penemu Gua, yang atas Nama La Oke, menjelaskan, Gua ini sangat banyak pengunjung dari berbagai kalangan, Bahkan dari mancanegara (Toris) ketika di publik keunikannya pada masa itu.

Foto : Anak tangga goa Lakasa, di penuhi rumput.

“Wisata alam yang memiliki keunikan ini, bisa dikategorikan sebagai wisata (PERUT BUMI) dimana tempatnya tepat berada di dalam perut Bumi, namun kondisinya saat ini, sudah sangat memprihatingkan, dikarenakan trap anak tangga yang di buat oleh Pemerintah saat itu, kini telah tumbuh rumput” ucapnya. Kamis, 27/5/2021.

La Oke, Menambahkan, rumput yang tinggi menutup indahnya pemandangan anak tangga yang dulunya terlihat indah bagi para pengunjungnya, namun saat ini tidak ada lagi perawatan di lingkungan wisata alam ini, baik dari pihak pemilik tempat wisata, hal ini akibat kurang mendapat dukungan dari pemerintah kelurahan atau Dinas Pariwisata.

“Gua ini sangat unik dimana didalamnya terdapat air dan bentuk batu-batu alam, yang secara alami terbentuk, sehingga terlihat sangat indah, bahkan ada yang berbentuk seni lukis” ucapnya.

La Oke, menjelaskan, Air ini jika di yakini, bisa menjadi obat, Sebagaimana yang pernah dialami dirinya, ketika merasa demam (panas tinggi) ia mencoba mengambil segelas air yang ada di dalam gua tersebut.

“Alhamdulillah dalam waktu yang singkat panas tinggi saya pun menurun hingga sembuh” tuturnya.

“Kami punya keinginan agar ada perhatian dan Kerjasama dari pemerintah daerah, Khususnya Dinas Pariwisata untuk memperhatikan Wisata alam ini, sebagai aset daerah yang bisa menjadi Icon Kota Baubau” harapnya.

Foto : La Oke, Anak dari Penemu Goa Lakasa. Bapak La Kasa

Sebelum Korona, kata La Oke, Goa ini sudah banyak pengunjungnya, baik orang lokal,maupun orang luar negeri, namun setelah Korona, goa ini pun terasa sunyi tak berpengunjung.

Peliput: LDR
Editor : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed