oleh

Universitas Muslim Buton, Hadirkan Lulusan Pencipta Lapangan Kerja

-BAUBAU-391 Dilihat
Foto : Pengembangan Kewirausahaan di Era Digital di Aula Hotel Mira.

SPNews.com, Baubau – Kewirausahaan pada Universitas Muslim Buton, Dalam acara Grand Opening, EP. 1 Studium Generale Entrepreneur UMU University Entrepreneur di Era Digital 4.0.Kegiatan ini dihadiri oleh Para Dosen UMU. Buton dan mahasiswa UMU. Buton. Di Aula Hotel Mira, Jl. Mawar, No 7 Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Dalam Kuliah Umum, Drs. H. Ibrahim Marsela, M.M, mejelaskan UMU. Buton, membuka Kelas Inspirasi atau kelas 3 dalam 1 dimana hasil dari lulusan UMU. Buton tidak hanya mendapatkan Ijasah Sarjana, melainkan akan ditambah dengan 3 sertifikat yaitu, Sertifikasi Kewirausahaan, Sertifikasi Bahasa Inggris dan Sertifikasi Komputer” Tuturnya, Sabtu, 12/6/2021.

Ibrahim menambahkan, UMU. Buton akan menghadirkan lulusan yang tidak lagi mencari pekerjaan, seperti yang lain, melainkan mejadi lulusan yang siap menjadi pencipta lapangan kerja.

“UMU. Buton, akan melaksanakan pendekatan dengan masyarakat yang ada di Buton Tengah, Buton Selatan, Wakatobi dan Buton Utara, dimana dengan mengunakan pendekatan pada membentuk semangat kewirausahaan pada siswa SMA yang ada di daerah tersebut” Ungkapnya.
Kata Ibrahim, Selaku pemilik Yayasan dari UMU. Buton, menambahkan, Dimana dalam membentuk jiwa kewirausahaan atau Intrepreneur pada para siswa UMU. Buton akan menghadirkan CEO yang berkualitas dari perusahaan besar salah satunya CEO Bosowa, untuk memberikan berbagai materi kewirausahaan demi membantu pengembangan pola pikir generasi siswa.

“Kami telah mempersiapkan institut Teknologi Perikanan dan Ekonomi di Wakatobi sebagai pengembangan UMU. Buton kedepan” Ungkapnya.

Pemilik UMU. Buton mengungkapkan kepada semua mahasiswa yang hadir, Jagan merasa kecil dengan kampus Universitas negeri lain, karena UMU. Buton memiliki potensi pengembangan mahasiswa yang berbeda dengan kampus lain, dimana lulusan UMU Buton sudah memiliki potensi menjadi pengusaha.

“Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras, tidak ada kesuksesan tanpa usaha dan, tidak ada kesuksesan tanpa doa Ibu, karena doa ibu lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT” Ungkap Ibrahim, Mantan Wakil Walikota Baubau beberapa tahun lalu.

Kata Ibrahim, berasal dari keluarga miskin dan kurang mampu, dirinya berusaha untuk terus bersekolah, walaupun membutuhkan jalan kaki 5 kilo untuk sampai ke sekolah, setelah lulus SMA, maka dirinya pun hendak berkuliah ke Makassar, diriny mendapatkan uang kuliah dengan menjadi penghubung Kapal- kapal Buton yang masuk ke Makassar, Dari peluang itulah maka dirinya meminta Ayahnya untuk membuat Kapal. Dari hasil uang penghubung jasa kapal itu maka dirinya bisa mendapatkan modal awal membeli mesin kapal yang di cicil selama 1 tahun.

Dirinya mengungkapkan, dari Anak dari tukang Kayu, pembuat perahu, ia bisa mendirikan Hotel Mira yang sekarang, karena kapal yang dibuat ayahnya dengan muatan 30 ton, dimana perahu itu pun setelah jadi, dan beroperasi sebagai kapal penumpang di daerah Maluku Utara, Nama kapalnya yaitu Saburaga.
” Untuk menjadi seorang pengusaha harus memiliki 3 hal yaitu, memiliki modal usaha atau Uang, Memiliki Relasi dan memiliki Motivasi atau Kemampuan” ucapnya.

Ibrahim mengatakan, bagi Mahasiswa UMU. Buton di mendekati semester akhir, Mahasiswa akan KKN Tematik selama 6 bulan, dimana mahasiswa tidak akan masuk kuliah di Kampus, hal ini disebut Link Emas dimana kampus akan mendekatkan mahasiswa dengan dunia nyata.

” Kampus UMU. Buton, akan membentuk mahasiswa dengan menciptakan pola mahasiswa yang berkapasitas berfikir lebih besar, dimana mahasiswa mampu beradaptasi dengan lingkungan luar, mahasiswa di bentuk logika berfikir besar, dan selama kuliah 4 tahun kuliah mahasiswa membentuk sistematika berfikir” ungkapnya.

Liputan : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed