oleh

Geram Kepton, Hadirkan Tokoh Buton Luar dan Dalam

-BAUBAU-1325 Dilihat

“UPACARA PENGANUGERAHAN GELAR KEHORMATAN ADAT DAN BUDAYA KESULTANAN BUTON”

SPNews.com, Baubau- Upacara Penganugerahan Gelar Kehormatan Adat Dan Budaya Kesultanan Buton, Yang Sekaligus dirangkaikan dangan “GERAM KEPTON (GERAKAN MASYARAKAT KEPULAUAN BUTON) NUSANTARA, dihadiri oleh YM.H.LA ODE ALI MAZI SH PUANG KAWERANG ( GUBERNUR SULAWESI TENGGARA); YM. DR.H.LUKMAN ABUNAWAS.SH,.MH (WAKIL GUBERNUR SULAWESI TENGGARA), YM . AA. LANYALLA MAHMUD MATTALITTI (KETUA DPD RI); YM.Dra.Hj.RAY YANI SS KUSWODIDJOYO (SEKJEN MKN), Dr.H.AS TAMRIN,MH (Walikota Baubau) dan LA ODE AHMAD MONIANSE (Wakil Walikota Baubau) dan Drs.H.AMIRUL TAMIN, Mantan Walikota Baubau.

Dr.H.LM.IZAT MANARFA,M.Sc Dalam Sambutannya menyampaikan, dengan Rahmat Allah SWT, Dengan Ridho Nya akan memberikan dan mengabulkan doa juga maksud,tujuan dari diadakannya Upacara Adat yang di selenggarakan oleh para Tokoh Adat Kesultanan Buton yang saat ini di adakan dalam “BARUGA KERATON BUTON”

Maksud dan tujuan Agar Bapak Gubernur Sulawesi Tenggara ( SULTRA) Ali Mazi.S.H Dapat mengawal usulan para elit dalam pemekaran Daerah Kepulauan Buton.

Tamrin S.H Menambahkan pula dalam sambutannya, “bahwa Generasi Muda Kepulauan Buton, seluruh Wartawan yang ada di Kota Baubau, Tokoh Adat dan Pemerintah setempat harus Satu Tekad, Bersatu dalam menyuarakan pemekaran Kepulauan Buton, Jagan mencari suatu kesalahan antara pihak satu dan lainnya sehingga dapat menjadi terhambat nya dalam suatu pergerakan” tuturnya.

Foto : Penyerahan Berkas Kepton kepada Ketua DPD RI dari Gubernur Sultra

Tamrin S.H Menegaskan pula, bahwa jika masyarakat Kepulauan Buton Bersatu Padu, Insyaallah akan menjadi tolak ukur yang kuat akan percepatan Pemekaran Provinsi Kepulauan Buton, sebagaimana saat ini dengan hadirnya Gubernur Sulawesi Tenggara,Ketua DPD akan bisa mengarahkan Mekanisme yang baik demi terwujudnya terwujudnya Pemekaran Provinsi Kepulauan Buton,Ungkapnya!

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi.S.H
Menyampaikan dalam sambutannya: Sangat berterimakasih atas gelar yang diberikan nya Kepada Kesultanan Buton,jelas ini salah satu bentuk yang bernilai dan bermakna baginya,dan akan berusaha semaksimal mungkin siang dan malam untuk mewujudkan misi yang dijanjikan

Suasana saat selesai acara di Baruga Keraton

Dan akan melestarikan adat istiadat dan budaya yang ada di kepulauan Buton.Sebagaimana makna dan kandungan yang tercantum dalam falsafah POOLIMA yang mempunyai arti :

1.Pobhinci-bhinciki kuli

2.Pamaa-maasiaka

3.Poangka-Angkataaka

4.pohormati-hormatiaka

5. Pomae-maeka ka

Dan Mengajak Kepada Kesultanan Buton agar tetap memberikan informasi terhadap masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan atas adanya pandemi Covid-19,saat ini

Ali Mazi menambahkan pula,Ia yakin bahwa Buton memiliki potensi alam yang sangat signifikan untuk daerah yang akan berkembang dan maju di bidang perekonomian

Sebagaimana mana Buton memiliki hasil yang banyak terumbung karang yang begitu besar, mempunyai hasil ikan yang baxak, mempunyai benteng terluas di dunia, jelas hal ini suatu kebanggaan dan yang harus di lestarikan oleh masyarakat,
Sebagaimana mana falsafah Buton yang ada,Bholimo Karo sumanamo Lipu yang artinya Mengabaikan kepentingan pribadi demi kemajuan Negri ini.tegasnya!

Selanjutnya ia paham akan makna dari falsafah tersebut, sebagaimana saat ini mempunyai tanggungjawab yang di berikan oleh masyarakat.

Liputan khusus : Tim

Editor : hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed