oleh

Trash Hero Baubau, Peduli Lingkungan Di Beteng Keraton Buton

-BAUBAU-751 Dilihat
Foto, Istimewa Tim Trash Hero Kota Baubau.

SPNews.com, Baubau – Every Week, (Setiap Minggu), We Clean (Kami membersihkan ), We Educare ( kami mengedukasi), We change ( Kami mengubah ), Join US (Bergabung), I’M A Trash Hero (Saya Pahlawan Sampah). Sampah memberikan masalah yang tidak pernah habisnya,mulai dari sama plastik dan sampah bukusan kantong makanan ringan yang sudah lama tak di hiraukan lagi.

Gabungan dari Pokdarwis Kel. Melai, pihak pegawai Kelurahan, dan kawan – kawan dari Trash Hero, serta Anggota Karang Taruna yang ada di Kel. Melai. Minggu, 20/6/2021.
Kegiatan bersih – bersih Minggu ini, diusulkan dari Karang Taruna Kel. Melai Kota Baubau.

Saat ditemui di bawah tiang bendera Masjid Agung Keraton Buton, salah satu anggota yang ikut membersihkan Benteng Keraton Butokn, dari Trash Hero Baubau Muh. Yunan Mengatakan “Merupakan salah satu program yang sangat kami utamakan karena sebagai pahlawan sampah, menjadi aktor pertama dalam mengaplikasikan kepedulian terhadap sampah merupakan dedikasi kepada masyarakat secara umum” ungkapnya, Minggu, 20/6/2021.

Yunan menambahkan, sampah yang ada di areal dalam dan luar benteng keraton ini, sudah terlihat tidak terurus, karena beberapa faktor di antaranya banyaknya pengunjung yang hanya menikmati pemandangan Kota Baubau dari Benteng Karaton Buton, namun tidak memperhatikan sampah yang mereka gunakan terutama sampah sampah plastik bekas minuman.

“Pemungutan sampahdimulai dari dalam benteng keraton menuju Lawana Lanto, setelah itu tim di bagi dua jalur yaitu jalur bagian dalam bentuk para ibu-ibu dari kelurahan, sedangkan yang lain melewati jalur luar benteng keraton, putar melewati jalan raya, dan naik tangga memuju Lawana Wandailolo” ucapnya.

Tambahnya, Setelah itu kami semua menuju dalam benteng Keraton menuju ke Lawana Waborobo, setelah itu jalan menuju masjid Benteng Keraton dan selesai rutenya.

“Sampah yang sudah kami kumpulkan ada 15 karung besar, dengan isi sampah paling banyak sampah Plasti bekas minuman dan bungkusan makanan” tuturnya.

Kata Yunan, Berdasarkan diskusi ringan bersama teman-teman Kareng taruna, setelah pemungutan sampah, kemungkinan Minggu akan ada lagi kegiatan seperti ini di dalam benteng keraton Buton.

Liputan : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed