oleh

Taman Baca Pesisir di Utara Kota Baubau

-SOSBUD-542 views

SPNews.com, Baubau – Palabusa menjadi salah satu daerah yang ada di wilayah Utara Kota Baubau, dengan potensi alam yaitu Rumput Laut dan Mutiara, kondisi lingkungan yang masih desa memberikan nuansa yang begitu akrab dengan alam.

Anak-anak menjadi salah satu sumber untuk meningkatkan kualitas kehidupan bangsa dan negara di masa yang akan datang, di Kelurahan Palabusa masih banyak anak-anak yang belum bisa membaca dan menulis, hal ini memberikan kesempatan kepada Yayasan Mitra Pengembangan Indonesia Peduli Ciptaan Indonesia, membentuk Taman Baca Palabusa, menjadi salah satu taman baca pesisir yang ada di Wilayah Buton khususnya Kota Baubau.

Saat ditemui di Palabusa, Pendiri Taman Baca Palabusa, Muh. Yunan Mengatakan “Kegiatan ini, dibuat sejak tahun 2017, dimana saat itu, yang menjadi titik fokus teman – teman adalah mengajarkan membaca kepada anak-anak di Palabusa” tuturnya, Sabtu, 19/6/2021.

Yunan Menambahkan, taman caba ini memiliki beberapa program yaitu, membuka layanan belajar bahasa Inggris gratis, Mengajak anak – anak menulis dan membaca, mengenal Lingkungan dan belajar mewarnai serta mengaji bersama setelah belajar.

“Konsep belajar yang dilakukan ada di dalam ruangan dan ada di luar ruangan, dan sering kali kami mengunakan rumah pondok di dekat laut, untuk menambah kebebasan membaca buku adek- adek ini” Ungkapnya.

Kata Yunan, adek – adek yang ada di sini semua berjumlah 60 anak, dalam menjalankan aktivitas ini, kami lakukan seminggu sekali, setiap hari Minggu dimana anak-anak ini, bebas dari sekolah, apa lagi di masa pandemic kali ini, bisa sedikit membantu generasi untuk bisa menambah pengetahuan dengan membaca.

“Untuk potensi yang ada di Palabusa ini, selain pengembangan rumput laut, ada juga pengembangan Mutiara, bahkan mutiara di Palabusa ini sudah sangat terkenal di Bali, dan harganya juga lumayan bagus” jelasnya.

Harapannya, dengan adanya taman baca Palabusa ini, bisa menghadirkan generasi yang cinta akan alamnya, dan bisa mengembangkan diri menjadi sumber daya manusia yang bisa diandalkan di kampungnya ini, ketika mereka telah dewasa nanti, tanpa harus keluar dari kampungnya.

Liputan khusus : Hari.

Foto : Pembina Taman Baca Palabusa, Kota Baubau. Muh. Yunan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed