oleh

Wisata Relegi, Menteri Menuju Makam Haji Yi Padha

-BAUBAU-892 Dilihat
Kondisi nama Makam, saat berwisata Relegi di Benteng Keraton Buton

SPNews.com, Baubau – Wisata Relegi dilakukan sangat singkat oleh Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi Indonesia merangkap Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal di Kabinet Indonesia Maju Jilid II Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Bahlil dilantik menjadi Menteri Investasi Indonesia pada 28 April 2021.

Salah satu Makam yang sangat terkenal di tanah Buton sebagai Ulama Besar Sufi Yaitu Makam Haji Yi Padha, yang terletak di Jl. Labuke, Dalam Benteng Keraton Buton samping kiri menuju Ke Lawana Rakea, Rute Menteri Investasi Indonesia mulai dari Bandara Betoambari menuju Makam Haji Yi Padha, menuju makam Oputa Yi Koo.

Dalam Wisata Relegi Sang Menteri ditemani oleh Gubernur Sultra Ali Mazi, SH., Walikota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH, dan Bupati Buton La Bakry,mereka menyiram Makam Haji Yi Padha, secara bergantian, setelah berwisata Relegi di Jadwalkan Sang Menteri langsung menuju ke Kendari.

Ketika di temui, seorang tokoh adat yang tidak ingin disebutkan namanya, Sedikit menceritakan Sepengal kisah Haji Yi Padha “Dikatakan Haji Yi Padha karena ilmu agama Beliau dinyatakan lengkap setelah menunaikan Haji Ke tanah Arab (Mekah) bersama 3 kawan Beliau, dimana saat perjalanan Pulang Sang guru Besar Syekh Abdul Qadir Jailani bersama Haji Yi Padha dan 3 kawannya agar menjaga jasad Sang Guru selama 40 hari, namun sampai pada hari ke 40 hanya Haji Yi Padha yang masih berada di dekat Gurunya, setelah hari ke 41, maka wujud roh sang Guru pun bangkit dan menyatakan bahwa Haji Yi Padha lah yang lengkap mendapatkan Ilmu Agama Luar dan Dalam” ungkapnya, Selasa, 29/6/2021.

Liputan khusus : hari

Suasana saat para pegawai ASN yang ikut ke Makam Haji Yi Padha.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed