oleh

Ancle Bus dan Luvtri.id, Diskusi Pariwisata Samparona

SPNews.com, Baubau – Alam yang bebas udara segar menghadirkan kicauan burung alam dan musik alam dari gesekan dedaunan Pinus yang menghembus sepoi.

Demi menghadirkan semangat berwisata di alam bebas, kepada para pengelola Objek Wisata dengan mengenal 1001 Potensi Wisata Alam Samparona dengan menghadirkan Pemilik Rumah Kopi Ancle Bus Bustam Ahmad, Seniman Falim Bokir, Trourism Surviver Petra Mamonto, dan dihadiri oleh Para Anggota Pokdarwis Kel. Kaisabu Baru Kec. Sorawolio serta pengelola Objek Wisata Alam Samparona.

Dalam perbincangan tersebut, yang dilaksanakan, Sabtu,31/7/2021 di Objek Wisata Alam Samparona, para pelaku pariwisata berbincang – bincang tentang pontesi wisata yang ada dan beberapa kendala yang harus di hadapi. Pemilik Rumah Kopi Ancle Bus Bustam Ahmad Mengatakan “Sebagai pelaku utama dalam proses pengembangan tempat Objek Wisata, kita harus bisa menghadirkan rasa nyaman bagi para pengunjung yang datang” tuturnya.

Ia menambahkan, hal ini bisa tercapai bila kita sebagai pengelola Objek Wisata terus melakukan inovasi baru demi memberikan daya tarik yang berbeda sehingga para pengunjung yang datang tidak cepat bosan dan mau datang lagi dan lagi.

“Kita harus selalu memperbaharui fasiltas yang ada, menyediakan Souvernir Khas, dan tidak lupa menambahkan aktraksi hiburan seperti Live Musik, dan sejenisnya” jelasnya.

Kata Paman Ancle Bus ( sapaan akrab dari Bustam Ahmad), sebagai pengelola harus memiliki tanda pengenal, serta sebagai pengelola wajib memiliki pengetahuan standar pelayanan publik.

“Dan yang terpenting kawan – kawan bisa berkomunikasi aktif dengan berbagai pihak yang untuk terus mengpromosikan tempat Objek Wisata Alam Samparona agar lebih mudah di kunjungi dan lebih banyak lagi yang mau berkunjung” ungkapnya dalam diskusi tersebut.

Dari pandangan Trourism Surviver Petra Mamonto mengatakan “Sebagai salah satu Wisata Alam Pohon Pinus, sebaiknya harus terus menjaga pohon – pohon Pinus agar tetap ada, dan terlihat natural” ujarnya.

Ia menambahkan, Perlu bagi kawan – kawan menjaga situasi alam dan menjaga kebersihan alam dari sampah – sampah pengunjung, karena bila terlihat bersih dan indah akan memberikan kenyamanan yang datang ke tempat ini.

“Bila ada tambahan spot alam seperti goa dan lain sebagainya, diharapkan bisa memberikan daya tarik yang lebih khusus lagi” tuturnya.

Sebagai Seniman Falim Bokir juga menambahkan, karya seni dalam Objek Wisata itu sangat penting agar lebih memberikan daya tarik tersendiri, sebab setiap karya seni memberikan latar dalam berfoto nantinya.

“Jadi bagi kawan – kawan harus tetap semangat dalam mempromosikan produk wisata alam Samparona ini” imbuhnya.

Dalam diskusi tersebut para pelaku pariwisata yang ada di Samparona siap memberikan suasana baru dari kondisi yang ada saat ini. Dan diskusi tersebut di dukung oleh Pemik Warung Kopi Ancle Bus, Luvtrip.id kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kaisabu Baru dan Pokdarwis Kadolomoko.

Liputan : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed