oleh

Luvtrip Hadiahkan, Cakrawala Wisata Buteng

-BUTENG, PARIWISATA-566 Dilihat
Tim luvtrip.id mengambil gambar di Pantai Wantopi, Desa Bungi Kec. Mawasangka, Buteng

SPNews.com, Buteng – Keindahan alam Buton Tengah menarik perhatian dari tim lovtrip.id untuk melengkapi data Tempat Objek Wisata yang ada di Buteng yang akan dimasukkan menjadi salah satu trip Wisata di Kepulauan Buton.

Tim ini, melakukan perjalanan mulai dari hari Sabtu, 7/8/2021 dan berakhir pada Minggu, 8/8/2021. Dengan Trip Wisata, Wisata Goa Air Cinta (Wisata Kotaeono) di Desa Rahia Kec. GU pada hari Sabtu, dan berlanjut pada hari Minggu.

Ketika ditemui dalam proses mengambil data di Objek Wisata Pantai Wantopi Di Desa Bungo Kec. Mawasangka Timur, Ardan mengatakan “Kami memiliki tim 4 motor dan 8 orang, diantaranya, Saya, Ardan Ketua Tim Kali ini, dan ditemani oleh Muh.Yunan, Arman, Dandi, Adam, Bang Mail, dan Bang Yadi dari Jurnalis dan 1 wanita cantik Arni” ungkapnya.

Kata Ardan, untuk trip kali ini, Saya dan kawan-kawan mulai dari Wisata Kotaeono di Desa Rahia, disana kami tidak bisa mengunakan alat kami yaitu Drone, selain tidak ada signal, angin si pinggir tebing tempat wisata itu terlalu kencang.

“Minggu pagi, kami Wisata Relegi di tempat sejarah Sagia Wambulu, dimana untuk memasuki tempat ini pengunjung harus mengunakan sarung, dan tidak boleh mengambil gambar karena tempatnya sangat sakral dan ketika lihat sesuatu yang aneh tidak boleh heran atau kaget, cukup lihat saja” jelasnnya.

Di Baruta Induk, ucap Ardan, disana ada juga Kamali yang seperti di Keraton Buton, menurut dari masyarakat sekitar rumah itu ada kaitannya dengan keturunan sangia Wambulu.

“Di dalam makam ada rumah adat kecil untuk berdoa ada perahu kecil serta Makam Para leluhur, Sagia Wambulu yang memiliki nisan dari Kayu Hitam, dan ketika ingin masuk di makam harus ditemani oleh salah satu para penjaga makam dari 7 orang tua, (Nenek) nanti mereka akan memberikan keterangan tentang apa saja yang ada di areal makam tersebut” ucapnya.

Ia menambahkan, selain kami, termasuk beberapa orang terkenal dari Buton yang sudah Jaya sekarang, yaitu Penyanyi Fildan dan Wa Ode yang belum lama ini menang dalam kompetensi bernyanyi.

“Dari keterangan warga, ada juga pejabat daerah yaitu Gubernur Sultra Ali Mazi, yang tahap pertama menjabat dirinya langsung memberikan kontribusi untuk tempat ini, yaitu pagar keliling dan beberapa tempat yang menjadi rapi kami lihat hari ini” tuturnya.

Ada juga, ucap Ardan, Bupati Muna, Bupati Buton dan beberapa pejabat lainnya. Menurut masyarakat setempat tadi malam ada dari tokoh adat masuk ke dalam makam untuk berdoa agar wabah yang sedang kita alami bisa berakhir.

“Setelah itu, kami pun beranjak menuju Pantai Wantopi di Desa Bungi Kec. Mawasangka Timur, lama perjalanan dari tempat kami, di Desa Baruta Tengah menuju ke Mawasangka memakan waktu kurang lebih 1,5 jam, dalam perjalanan kami melihat bunga Abadi,(tidak berhenti berbunga) di setiap musim, dan setibanya kami disana, mata kami dihadiahkan pemandangan teluk Wantopi yang indah, bersama tumbuhan laut, agar – agar serta peternakan ikan Bubara, kami pun mengambil Gambar mulai dari kamera 360, dan Drone serta kamera yang profesional, sehingga menambah kelengkapan data kami untuk Objek Wisata Kepton” ungkapnya.

Ardan menambah, Disana suasananya cukup sepi walaupun hari Minggu, mungkin karena sedang kondisi PPKM, jadi kami leluasa mengambil gambar, selain itu kami pun menyewa perahu warga setempat untuk bisa berkeliling pantai, dan singgah di sebuah pulau di ujung teluk Pantai Wantopi itu.

“Tempatnya sungguh asik dan indah, walaupun ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, yaitu Kebersihan pantai, pengelola serta perlu tambahan regenerasi harus dilibatkan agar daerah mereka bisa maju dan berkembang lebih baik lagi” Sarannya.

Liputan Khusus : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed