oleh

Pakandeaana Anaana Maelu, Amanah Leluhur Buton

-BAUBAU, SOSBUD-518 Dilihat

“DWP, GOPTKI, BKMT, Muslimat NU dan Paguyuban Jawa Kota Baubau Keliling 8 Kecamatan Santuni Yatim Piatu di 10 Muharram”

SPNews.com, Baubau – Momen Hari Asyura 10 Muharram menjadi tradisi dalam ajaran Islam untuk memuliakan anak yatim piatu. Di hari ini dianjurkan agar memberi perhatian kepada anak yatim piatu dengan memberikan santunan.

Kegiatan Pakandeana Anaana Maelu dilepas langsung Walikota Baubau H.AS Tamrin di pelataran rumah jabatan Wali Kota Baubau 16 Agustus lalu. Kemudian dilanjutkan dengan Roadshow pemberian santunan kepada anak yatim piatu di 8 kecamatan se-kota Baubau.

Momen ini khususnya di Negeri Buton juga diperingati sebagai sebuah ritual yang menghadirkan anak yatim piatu untuk diberikan pelayanan seperti halnya anak anak seusia mereka yang mendapatkan kasih sayang dan perhatian sosok orang tua.

Itulah yang dilaksanakan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Baubau yang menggandeng BKMT, GOPTKI, Muslimat NU dan paguyuban jawa untuk melaksanakan agenda sosial Pakandeana Anaana Maelu di momen 10 Muharram.

“Ini tahun kedua kita laksanakan, namun karena kita masih berada di musim pandemi maka kita lakukan perencanaan sesuai situasi dan kondisi. Kita tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Dr Nanik Roni Muhtar ketua DWP Kota Baubau.

“Ini menjadi bahan pembelajaran agar kita sebagai manusia yang hidup di muka bumi ini harus saling memperhatikan orang orang sekeliling kita, apalagi mereka yang sudah tidak memiliki sandaran hidup yakni kedua orang tua”ungkapnya.

Usai dilepas secara resmi pada 16 Agustus 2021, ucap Nanik, kegiatan pemberian santunan dilanjutkan dengan melaksanakan riadshow di seluruh kecamatan yang terdiri dari 8 kecamatan. Demi kelancaran kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim piatu, masing masing pengurus tingkat kecamatan sudah mengambil peran. Mulai dari mendata para penerima hingga mempersiapkan kegiatan penyerahan di lokasi yang telah ditentukan.

Hal senada diungkap ketua panitia Ny Yana Milawaty lukman, mengatakan “Jadi kita sudah sepakati, pengurus yang ada di Kecamatan dan kelurahan yang mempersiapkan, kita dari pengurus Kota berkeliling untuk memberi motivasi sekaligus menyerahkan santunannya,” katanya Ketua Panitia Ny Yana Milawaty Lukman.

“Kegiatan penyerahan santunan dimulai dari Kecamatan Sorawolio, Wolio, Kokalukuna, Lea Lea, Bungi, Murhum, batupoaro dan berakhir di Kecamatan Betoambari dan Kelurahan Waborobo. ***

Liputan : BA
Editor : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed