oleh

Pemuda Muhammadiyah, Dakwah Kolaborasi Cermin Inovatif dan Kreatif

-BAUBAU, HEADLINE-686 Dilihat

SPNews.com, Baubau – Pemuda Muhammadiyah melakukan Pelantikkan dan Rapat Kerja DPD Pemuda Muhammadiyah Kota Baubau dengan tema Dakwa Kolaborasi Memajukan Gerakan Penuda Kota Baubau, bertempat di Jl. Bakti ABRI, Kel. BWI, The Zalsa Villa & Cafe, Agenda ini mendapatkan Rekomendasi dari Satgas Covid 19 Kota Baubau, dalam pelaksanaannya mengikuti Protokol Kesehatan, Sabtu, 21/8/2021.

Dalam amanah yang disampaikan oleh perwakilan dari DPD Muhammadiyah Kota Baubau, DR. Suardin, S.Pd, M.P.d, mengatakan “Metode dakwah dalam Muhammadiyah di bagi beberapa cara, dimana pada secara awal dengan membuat kelompok – kelompok kecil untuk menguatkan internal organisasi agar menjadi kuat dan kokoh” Ujarnya.

Dakwah bil lisan, Kata Suardin, dimana melakukan dakwah berskala besar seperti sekarang ini, setiap kader Pemuda Muhammadiyah bisa memberikan pandangan – pandangan Islam kepada banyak orang lain demi mencapai kebaikkan bersama.

“Metode dakwah lainnya yaitu dengan melakukan aksi sosial di masyarakat umum, dimana kader pemuda bisa memberikan contoh kebaikkan secara nyata di hadapan masyarakat sehingga aksi kebaikkan itu bisa di sukai dan ditiru oleh orang lain” jelasnya.

Hal yang paling menarik dalam gerakan dakwah kader, tuturnya, kader harus bisa menghadilkan sacara karya literasi melalui tulisan – tulisan ilmiah yang bisa menghasilkan riset untuk membangun dakwa Muhammadiyah baik dalam organisasi maupun diluar organisasi agar dapat di baca dan dijadikan pedoman untuk menyebarkan kebaikkan.

Dalam pergerakan kader, Kata Suardin, pemuda Muhammadiyah selalu melakukan dakwah secara aman dan nyaman bagi setiap orang baik yang ada dalam organisasi maupun orang – orang di luar organisasi, sehingga kader bisa menunjukan intensitas dakwah tanpa ada paksaannya paksaan.

Hal lain diungkapkan juga pada saat memberikan sambutan dan membuka acara Pelantikan dan Rapat Kerja DPD Pemuda Muhammadiyah Kota Baubau, Wakil Ketua 2 DPRD Kota Baubau Drs. Nasiru mengatakan ” Tentunya kami dari Pemerintah Kota Baubau, sangat berharap bagi pemuda hari ini, harus banyak membuat desain – desain, membuat rencana – rencana dan pro aktif, di semua sektor terutama bagi masyarakat Kota Bau-bau” ungkapnya.

Nasiru menambahkan, dalam melakukan tindakan pemuda tidak bisa jalan sendiri, namun harus ada koordinasi dari pemerintah dan pihak keamanan, untuk sinergi agar hubungan yang harmonis ini bisa menghadirkan generasi yang lebih maju, sehingga semua sektor dapat kembali bangkit dan berjalan lancar.

Ucap Wakil rakyat, mengharapkan dengan adanya hubungan ini, maka rencana – rencana yang akan di bagun oleh pemuda merupakan satu kesatuan yang bergerak dari bawah sampai ke atas.

“Maka saat ini, kita Jagan dulu merasa telah berbuat banyak, namun masih ada hal – hal yang perlu diperbaiki bersama untuk dilakukan demi kemajuan Daerah dan pemuda kita untuk ini” tegasnya.

Oleh sebab itu, ucapnya mewakili Ketua DPRD, Marilah kita bersama menambah kekuatan apa yang dilakukan pemuda, merupakan investasi jangka panjang, untuk masyarakat Kota Baubau.

Nada serupa diungkapkan dalam memberikan sambutan Ketua DPW Pemuda Muhammadiyah Propinsi Sulawesi Tenggara Azizul mengatakan ” Dengan jalan kolaborasi yang dilakukan oleh umat Islam, apabila terjadi sesuatu bagi bangsa kita, NU dan Muhammadiyah dipangil atau tidak akan menjadi garda terdepan dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Garuda dan Pancasila” ungkapnya.

Dengan banyak, Kata Azizul, masalah hari ini terjadi bertubi-tubi, termasuk wabah Covid 19 yang tidak henti-hentinya, maka masalah ini tidak bisa kita serahkan sepenuhnya kepada Negara.

“Sudah saatnya pemuda turun dan berperan aktif untuk melakukan kerja nyata dan bersama Negara dalam menghadapi Covid 19, demi menyelesaikan masalah ini” ungkapnya.

Dan pemuda Muhammadiyah, Ungkap Azizul, diperintah atau tidak di perintah, kami akan terus melakukan karya nyatanya, hal ini terbukti dengan adanya kegiatan pelatihan Kokam (Komando Kesiapan Angkatan Muda Muhammadiyah).

“Kami sudah punya agenda beberapa hal yang akan dilakukan, namun karena pandemi covid, maka agenda itu sedikit tertunda” tegasnya.

Dalam Pidatonya Ketua DPD Pemuda Muhammadiyah Kota Baubau, Kadarisman mengatakan “Pemuda Muhammadiyah dengan kolaborasi akan membangun dakwah terbuka, dimana Pimpinan Pemuda Muhammadiyah harus menjadi contoh, panutan bukan hanya untuk kader pemuda Muhammadiyah, tetapi juga bagi masyarakat serta pemimpin bisa menjadi Garda terdepan untuk gerakan kepemudaan di Kota Baubau” tuturnya.

Harapannya, di kepemimpinan kami, mampu memberikan kesejukan, ketentraman, bukan hanya dari tutur katanya, tapi dengan senyuman saja, mampu mengembirakan, mencerahkan dan menentramkan hati.

“Meminjam kata orang bijak, perbedaan antara orang tua dan pemuda, layaknya matahari di pertengahan siang dan matahari di senja sore, dimana matahari di senja sore di ibaratkan orang tua yang telah melalui proses panjang dan pengalaman yang banyak, maka saatnya kita hari ini sebagai kaum pemuda, tampil sebagai pawer kekuatan, untuk tidak menjastifikasi generasi lama” jelasnya.

“Tapi kita harus berguru kepada generasi lama, karena mereka kaya akan pengalaman, tinggal bagaimana kita sebagai pemuda bisa berinovasi dan kreatif dalam membangun Kota Baubau yang lebih baik lagi, dan itu adalah konsep dakwah kolaborasi hari ini” imbuhnya dengan penuh santai dan candaan.

Liputan : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed