oleh

Bhayangkara Taekwondo Center Baubau, Hasilkan Atlit dan Kerjasama Dengan ADF Korea

-BAUBAU, HEADLINE-510 Dilihat

SPNews.com, Baubau – Bhayangkara Taekwondo Center merupakan salah satu Kegiatan Pelajaran beladiri yang berasal dari Korea, di Kota Baubau terbentuknya Taekwondo telah di bentuk sejak 3 tahun lalu. Di era AKBP Daniel Widya Muchram, sebagai Kapolres Baubau saat itu, sangat mendukung terbentuknya Bhayangkara Taekwondo Center.

Ketika dikonfirmasi Pendiri dan Pelatihan Bhayangkara Taekwondo Center, Saboem Deva mengatakan ” Terbentuknya Bhayangkara Taekwondo Center di Kota Baubau, terpetik dari seringnya terjadi kriminal, dan yang jadi korban kebanyakkan wanita dan anak-anak, maka kami yang memiliki pengetahuan tentang taekwondo ingin sedikit memberikan pengetahuan kami bagi generasi apa lagi untuk wanita dan anak – anak, agar mereka bisa membela diri ketika terjadi tindak kekerasan di jalan” Ujarnya.

“Selain itu, Bhayangkara Taekwondo Center didirikan untuk membentuk karakter seseorang agar baik secara fisik dan mental, Alhamdulillah di tahun ini kami telah bekerjasama dengan ADF (Asia Development Foundation) salah satu LSM asing yang bergerak di bidang Budaya dan Seni beladiri” ungkapnya, Senin, 23/8/2021.

Kerjasama itu terbentuk karena kami dihubungkan, Kata Deva, dengan Prof. Jung Deuk Young dan Mr. Kang Minku sebagai bentuk peningkatan dalam mengembangkan Atlit Taekwondo di Kota Baubau, dimana kami dari Bhayangkara Taekwondo Center mewakili Kota Baubau bisa bekerjasama dengan Negara Korea asal Olahraga Taekwondo ini.

“Kami sebagai pengelola Bhayangkara Taekwondo Center, saat ini membuka kelas dari kelas anak – anak dengan usia minimal 3 tahun sampai kelas orang dewasa” ucapnya ketika bincang – bincang di Uncle Bus.

“Kami pun telah mewakili Kota Baubau dalam mengikuti Kejuaraan Olahraga Taekwondo di tingkat Provinsi dan Alhamdulillah sampai saat ini baru 2 kali, dengan kelas yang diperlombakan dari Pra Cadet, Cadet, dan junior. Hasil dari kejuaraan yang pernah kami ikuti, kami telah mendapatkan beberapa mendali mulai dari Emas, Perunggu dan Perak dengan jumlah mendali 30 mendali ” Jelasnya.

Sejak 3 tahun terbentuk, Tegas Deva, siswa kami telah mencapai 100 orang lebih dengan yang paling sering aktif sekitar 50 orang lebih.

“Untuk yang ingin bergabung, dengan kami, biasanya siswa baru akan diberikan formulir, dan melakukan pembayaran pendaftaran sebesar Rp. 75.000, serta biaya bulanan sebanyak Rp. 25.000” tuturnya.

Jadwal latihannya, Jelas Deva, kami berlatih di Lapangan Depan Kantor Kapolres Baubau di Jalan Kelapa, dan biasanya latihan kami mulai dari hari Rabu, Jumat dan Minggu, untuk pelatihnya Pembinaan secara fisik, mental dan karakter bagi para siswa. Kami memiliki 3 orang Pelatih, ada saya Saboem Deva, dan 2 kawan saya, Saboem Irman, dan Saboem Oni, untuk tingkat latihan kami ada 12 tingkat, bagi siswa baru mulai dari awal sabuk Putih, naik ke sabuk Kuning, Kuning Strip Hijau, Hijau, Hijau Strip Biru, Biru, Biru Strip Merah, Merah, Merah Strip Hitam 1, Merah Strip Hitam 2, dan yang paling tinggi sabuk Hitam.

“Setiap hasil latihan rutin, selama 3 atau 4 bulan, kami akan menguji siswa untuk bisa naik jenjang mulai dari naik ke sabuk kuning dan begitu seterusnya ” ungkapnya.

Untuk perlombaan yang diikut sertakan biasanya, jelas Deva, Kami mengikutkan para siswa yang telah siap, berdasarkan kelas perlombaannya, dan biasanya siswa kami menjadi utusan daerah Kota Baubau untuk lomba setingkat Provinsi, karena untuk Atlit Taekwondo di Kota Baubau terbilang kurang.

Bhayangkara Taekwondo Center, Ungkap Deva, Bukan saja sekedar tempat untuk belajar bela diri, namun lebih kepada pembinaan generasi bagi yang berbakat di bidang olahraga Cabang Taekwondo, agar bisa menjadi atlit Taekwondo, karena olahraga ini menjadi salah satu cabang yang diperlombakan di dunia terutama di Olimpiade.

“Siapa tahu, akan ada Atlit Taekwondo asal Kota Baubau yang mewakili Indonesia di ajang olahraga Internasional seperti Olimpiade” harapnya.

Liputan : hari.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed