oleh

DAD IMM, Bentuk Kader Berdaya Saing Demi Bangsa

-PENDIDIKAN-321 Dilihat

SPNews.com, Baubau – Mengingat perlunya mewujudkan kader-kader baru yang potensial IMM komisariat FAI UM.Buton melakukan proses kaderisasi yg berlangsung pada tanggal 1-6 September 2021.

Darul Arqam Dasar(DAD) merupakan gerbang masuk pertama di organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, ketika dikonfirmasi Ketua PK. IMM FAI, UM. Buton, Immawati Wa Ode Asti mengatakan “Nama Darul Arqam asalnya berarti rumah Arqam, dinisbatkan kepada pemilik Arqam Ibnu Abil Arqam yang digunakan oleh Rasulullah SAW. Sebagai tempat perkaderan Islam di masa pertama. Dari Darul Arqam itulah lahir tokoh-tokoh Islam generasi pertama seperti Abu Bakar, Ali Ibnu Thalib, Aisyah, dan lain-lain” ungkapnya, Selasa,7/9/2021.

Kata Asti, Pembukaan yang dilakukan pada tanggal 1 September 2021 dibuka dan dihadiri langsung oleh Ayahanda Dekan FAI UM.Buton yang bertempat di Aula SMA Muhammadiyah 1 Baubau. Dengan mengangkat tema “PENEGUHAN TRIKOMPETENSI DASAR IMM UNTUK MEMBENTUK KEDER YANG BERKUALITAS DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ZAMAN”*_ .

” Kegiatan tersebut merupakan hasil rapat bersama dengan Pimpinan Komisariat, harapannya agar kader-kader baru mampu mengembangkan bakat dan kemampuannya di organisasi dan mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman” imbuhnya.

Sebagian mahasiswa yang katanya insan akademik, ungkap Asti, tentunya harus mampu memiliki pemikiran yang berkemajuan dan berkembang. Nah di organisasi IMM terdapat yang namanya Trikompetensi dasar, yang di dalamnya terdapat 3 poin penting yaitu religiusitas, intelektualitas, dan humanitas. Yang mana ketiganya itu saling berhubungan.

Religiusitas berisikan nilai-nilai religi IMM akan senantiasa memberikan pembaruan keagamaan menyangkut pemahaman pemikiran dan realisasinya dalam kehidupan sehari hari.

“Intelektualitas, melalui wadah ini diharapkan keder-kader IMM mampu memiliki ide pembaharuan dan pengembangan keilmuan. Humanitas, berkaitan dengan kemasyarakatan, Keder-kader IMM diharapkan mampu memiliki jiwa sosial yang tinggi dan peka terhadap masalah yg terjadi” jelasnya.

Tri kompetensi dasar sangat berperan dalam menghadapi perubahan zaman yg berguna sebagai tameng untuk melanjutkan Dakwah Muhammadiyah.

Kemudian Dekan FAI UM.Buton turut andil dalam perkaderan tersebut, tegas Asti, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa IMM adalah organisasi yang tepat untuk teman-teman berproses kerena antara dunia dan akhirat itu harus seimbang. Selamat berproses dan tetap istiqamah. DAD ini baru pintu awal untuk
Bergabung di organisasi IMM masih banyak proses yang akan kalian hadapi.

“Dengan jumlah peserta yang mendaftar 23 oang namun mungkin karena seleksi alam sehingga yang bertahan sampai akhir, sebanyak 14 peserta dari berbagai macam jurusan dan kampus yang ada di kota baubau yaitu di antaranya UM.Buton, Unidayan, dan Politeknik Baubau, proses kaderisasi berjalan dengan lancar sampai penutupan hari/tanggal senin, 6 September 2021″ tuturnya.

Ia menambahkan, IMM dengan spirit gerakan dakwah Muhammadiyah akan terus melebarkan sayapnya di berbagai lingkungan Masyarakat dan kampus yang ada di kota Baubau. Semoga bisa melahirkan kader terbaik untuk umat dan bangsa, IMM Jaya,jaya,jaya” tegasnya, dengan penuh semangat.

Liputan : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed