oleh

UMU. Buton, Membentuk Mahasiswa Berkarakter Interprenior Berakhlak PO5

-BAUBAU, PENDIDIKAN-1344 Dilihat

SPNews.com, Baubau – Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Anggaran 2021/2022 Universitas Muslim Buton. Sabtu, 11/9/2021 di Jl. Betoambari 146, melakukan acara pembukaan masa perkenalan Kampus UMU. Buton sebagai salah satu kampus yang ada di wilayah Kota Baubau.

Tema yang diangkat pada kegiatan tersebut yaitu, Membentuk generasi berkualitas, berkarakter, unggul disiplin, relegius dan bertanggung jawab.

Ketika ditemui setelah melakukan secara pembukaan tersebut Sekda Kota Baubau, Dr. Roni Muchtar, M.Pd mengatakan “Kegiatan ini merupakan sesuatu yang baik, bahwa sebuah perguruan tinggi, untuk proses awal kuliah pada mahasiswa baru, perlu diberikan pembekalan, agar mereka bisa faham mengerti seperti apa UMU. Buton, ” ungkapnya.

Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang, Kata Sekda, oleh karena itu mereka dikenalkan agar mereka bisa mengenal akan lembaga kampusnya, maka akan lebih baik untuk mereka, dan kegiatan ini bisa menjadi bekal, dan kapasitas pengembangan diri untuk masa depan mereka.

“Ikuti kegiatan perkuliahan, laksanakan aktifitas sesuai kode etik kampus, dan optimis, Jadilah warga Baubau yang menerapkan nilai- nilai PO5, dalam interaksi dengan siapapun, baik di tengah perkuliahan, di tengah masyarakat” tuturnya.

Ia Menambahkan, dengan hal itu, dapat menjalin persatuan dan kebersamaan, sehingga saling melindungi, dan saling menyayangi agar terwujudnya lingkungan masyarakat Kota Baubau yang aman, maju dan berbudaya di masa depan.

Hal Senada, di ungkap oleh Wakil Rektor UMU. Buton, Dr. Sudjiton, M.M Menjelaskan Untuk mahasiswa baru yang ada hari ini tidak semuanya hadir, masih ada juga di luar kota karena keadaan dan kondisi yang saat ini masih dalam kondisi Pandemic, untuk keseluruhan yang menjadi mahasiswa baru tahun angkademi 2001 – 2002 sampai saat ini tercatat sudah 400 lebih.

Untuk saat ini di UMU. Buton, Ungkap Wakil Rektor, kami telah memiliki 4 Fakultas dengan jumlah prodi 14, yang telah tercatat di Dikti.

“Kami membentuk karakter mahasiswa yang memiliki kualitas berkarakter di mana kualitas ini ada pada setiap program studi yang ada di UMU. Buton, sehingga mahasiswa yang dihadirkan adalah generasi yang memiliki kualitas yang unggul, disiplin, akhlak dan bertanggung jawab dan memiliki daya saing kewirausahaan” jelasnya.

Karakter Interprenior, jelas Sudjiton, di mana karakter ini, bukan sekedar membentuk generasi yang memiliki daya saing dalam bidang kewirausahaan namun bisa ditemukan di setiap mahasiswa dalam semua program studi yang ada di UMU. Buton.

“Di ibaratnya interprenior, seperti kita melihat 2 pohon yang sama namun proses pertumbuhannya berbeda di mana yang satunya lebih subur pertumbuhannya dibandingkan dengan yang lain, dan kita akan menemukan indikator perbedaannya, mulai dari tanahnya atau pemupukkannya” imbuhnya.

Ia menambahkan, di UMU. Buton akan kami hadirkan generasi berakhlak dengan menerapkan nilai-nilai PO5, yang telah diungkapkan oleh pak sekda Kota Baubau, mulai dari lingkungan kampus, sampai di lingkungan masyarakat nantinya.

Liputan : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed