oleh

Kampung Rumput Laut Palabusa, #Kami13juta

-BAUBAU-394 Dilihat

“Hari Bersih Sedunia Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Di Adakan Di Kel. Palabusa,Tuan Rumah Kota Baubau”

SPNews.com, Baubau – WCD World Cleanup Day, Hari Bersih Sedunia jatuh pada Sabtu, 18/9/2021. hari ini merupakan salah satu dari hari besar dunia dalam rangka mengatasi masalah sampah yang semakin hari semakin menumpuk dan belum teratasi dikarenakan karena tingkat kesadaran masyarakat masih sangat kurang.

Lewat Menteri Kemaritiman World Cleanup Day dilakukan secara online untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi memilah sampah dari rumah agar alam terlihat lebih bersih dari sebelumnya.

Ketika ditemui Salah Satu unsur organisasi peduli lingkungan, Ketua sukarelawan Hijau Kota Baubau Muh. Yunan mengatakan “Dalam rangka Hari Pembersih sedunia, kami dari wilayah Sulawesi tenggara yang tergabung dalam sukarelawan hijau dimana salah satu organisasi yang peduli akan lingkungan, bekerjasama dengan pemerintah kota bau-bau termasuk komunitas-komunitas yang ada di Kota Baubau, melakukan kemping bersama dalam untuk membantu mensosialisasikan cara memilah sampah mulai dari rumah agar masyarakat dapat menjadikan sampah sebagai pendapatan ekonomi” Imbuhnya.

Dengan kegiatan ini, Kata Yunan, kami harapkan masyarakat bisa menjadikan pelopor utama dalam memilah sampah sendiri, dari rumah mereka masing-masing.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sampah plastik merupakan salah satu sampah yang sangat sulit diatasi karena sampah plasti termasuk bahan yang sulit diurai secara alami, dan sampah plastik juga yang merupakan salah satu sampah yang paling sering dibuang oleh masyarakat” tuturnya.

Menurut Yunan, Sampah plastik bila di pilah secara baik, akan bisa menjadi pendapatan ekonomi keluarga, karena saat ini sampah plastik sudah bisa menjadi bahan olahan yang dapat didaur ulang dan memiliki tempat untuk dijual kembali” jelasnya.

Ungkap Yunan, di hari bersih sedunia ini, kami bersama kawan-kawan komunitas akan lakukan kemping di Kelurahan Palabusa, dan ini menjadi icon World Cleanup Day se-Sulawesi Tenggara.

“Kami memilih Kampung Rumput Laut Palabusa sebagai tempat kegiatan ini, karena tingkat kesadaran masyarakat untuk memilih sampah plastik di daerah tersebut masih cukup rendah dan di sana lautnya masih banyak terlihat sampah plastik” jelasnya.

Kata Yunan, kami akan lakukan Hari Bersih Sedunia pada hari minggu, 19/9/2021, bersama masyarakat Kel. Palabusa yang menjadi salah satu Kel. Petani Rumput Laut, yang menjadi salah satu daerah maritim yang ada di Kota Baubau.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi salah satu kegiatan yang membangun tingkat kesadaran masyarakat untuk bisa memilah sampah dari rumah terutama sampah plastik” harap Yunan.

Ia menambahkan, mari kita peduli kebersihan, karena bersih merupakan bagian dari pada iman dan dengan bersih alam, alam akan sehat dan kita semua bisa merdeka dari sampah serta lingkungan bersih akan menjaga keluarga kita tetap sehat demi masa depan anak cucu kita ke depan.

#kami13juta

Liputan : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed