oleh

Kabid Hikmah PC IMM Kota Baubau Bersuara, Ketua Umum DPD IMM Ditangkap Paksa

-BAUBAU, HEADLINE-544 Dilihat

SPNews.com, Baubau- Aksi mahasiswa yang menuntut keadilan di wilayah Sulawesi Tenggara mulai dari Kendari dan Kota Baubau, menuntut agar keadilan dapat ditegakkan, dimana kasus kematian mahasiswa sampai hari ini tidak tuntas dalam mencari dalang pelakunya.

Ribuan mahasiswa turun di jalanan untuk meminta keadilan tersebut baik yang ada di kota Kendari sampai di wilayah Kota Baubau, namun dalam aksi demo kemarin, Senin, 27/9/2021. polisi menangkap Ketua Umum DPD IMM Sulawesi Tenggara dengan bertindak kasar, dalam video yang beredar, hal ini membuat Ketua Bidang Hikmah PC IMM Kota Baubau, Andri Arisman mengungkapkan, Kami mengecam keras atas pemukulan dan penagkapan ketua umum DPD IMM SUlTRA Kanda Marsono, dalam aksi memperingati 2 tahun penembakan Susuf Kardafi dan Immawan Randi di Kota Kendari.

“Berdasarkan UUD THN 1945 PADA PASAL 28E AYAT 3, “setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat”. Terangnya.

Kata Arisman, kemudian uu no 9 thn 1998, tentang kebebasan menyampaikan pendapat di muka umum, dalam iklim negara demokrasi, maka kami selaku masyarakat Indonesia, dan bagian dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, sangat mengecam terhadap tindakan aparat kepolisian yang memperlakukan Ketua DPD kami secara tindak wajar, dan perilaku ini sungguh keluar dari tuntutan aparat kepolisian yaitu Tribrata, yang mana pihak kepolisian adalah aparat hukum memberikan keterangan hukum, dan bertindak sesuai sisi kemanusiaan.

“Dalam kejadian ini, menunjukan sikap pihak kepolisian tidak bisa dibiarkan dan dibenarkan, berdasarkan pasal 13 ayat 3 uu no 9 thn 1998 “Polri bertanggung jawab melakukan pengamanan, bukan untuk menangkap memukul dan menembaki mahasiswa,” tuturnya, Selasa, 28/9/2021.

Tindakan ini, kata Arisman, sungguh mencoreng nama baik institusi kepolisian dan kami selaku masyarakat yang berprofesi sebagai mahasiswa meminta kepada Kapolri untuk mencopot Kapolda Sultra dan menangkap serta diadili oknom kepolisian yang melakukan kekerasan pemukulan kepada Ketua Umum DPD IMM Sultra.

Liputan : Hi

Editor : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed