oleh

Samsat Baubau Siapkan Alternatif Kemudahan Pelayanan

-BAUBAU, HEADLINE-584 Dilihat

“Masa Pandemi Pelayanan Berjalan Lancar”

Aktivitas di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Baubau tetap berjalan normal. Bahkan selama masa pandemi, kegiatan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan sesuai aturan dengan protokol kesehatan.

Untuk diketahui, Samsat bertugas untuk mengadministrasi kebutuhan masyarakat bidang lalu lintas seperti perpanjang pajak STNK atau kendaraan bermotor. Selain fungsi tersebut, kantor Samsat ini juga melayani masyarakat untuk membuat SIM baik SIM A mobil, SIM C motor, dan lainnya. Kantor Samsat Baubau juga melayani perpanjangan SIM bagi masyarakat yang surat izin mengemudinya sudah kadaluarsa. Untuk perpajakan kendaraan, terdapat layanan Samsat online dimana masyarakat dapat membayar pajak secara online melalui aplikasi e-samsat.

“Di era digitalisasi ini sistem online menjadi alternatif untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan. Sekarang kita sudah menyiapkan aplikasi khusus untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor termasuk perpanjangan SIM,” kata Ipda Muhammad Arifuddin, SH, MH, kanit Regident Samsat Baubau.

Untuk lebih jelasnya penerapan aplikasi E-samsat ini dapat diakses melalui Playstore termasuk untuk SIM. “Untuk SIM khusus SIM A dan SIM C,”katanya.

Sejauh ini, kegiatan pelayanan di Kantor Samsat berjalan tanpa kendala. Meski di masa pandemi. Untuk mengantisipasi kerumunan, Samsat Baubau sejak awal telah menerapkan pembagian waktu pelayanan dari pagi hingga menjelang sore hari di hari kerja.

“Untuk pengurusan perpanjangan STNK dan TNKB dilaksanakan dari pukul 08.00 hingga 12.00 Wita, dan untuk pengesahan pajak kendaraan hingga pukul 15.00 Wita,” tambahnya.

Arifuddin menambahkan, berbagai upaya yang dilakukan tujuan utamanya adalah memberikan kemudahan kepada masyarakat. Terlebih dalam masa pandemi selama ini banyak hal yang harus dipertimbangkan. Terutama pembatasan aktivitas, waktu serta kesempatan wajib pajak. ***

Liputan : BA
Editor : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed