oleh

Pohon di Tebang, Cagar Budaya Benteng Bombonawulu Dirapikan

-BUTENG-367 Dilihat
AKP Suleman Kapolsek GU Bersama Safei Ketua Rumpun Bombonawulu (Foto : Istimewa)

SPNews.com, Buton Tengah- Kawasan Cagar Budaya di Beteng Bombonawulu beberapa hari ini, terjadi penebangan pohon di dalam areal benteng. Hal ini menjadi salah satu sorotan dari beberapa masyarakat yang berkebun di sekitar Benteng.

Sebagai salah satu masyarakat adat yang peduli terhadap keaslian Situs Cagar Budaya di Wilayah, Benteng Bombonawulu, Buton Tenggah, LH yang tidak ingin di ungkap identitasnya, mengungkapkan ” Sudah 2 hari kami melihat ada penebangan pohon dalam areal benteng” ungkapnya, Minggu,17/10/2021.

Saat kami bertanya kepada orang yang menebang pohon tersebut, penebangan pohon ini memang arahan dari Bupati.
“Kami berharap agar Cagar Budaya yang ada di dalam areal Benteng agar tidak dirusak karena setiap pohon yang ada memiliki makna tersendiri dari kondisi yang ada dalam benteng” tuturnya.

Ia pun, berharap agar ada pihak yang berwenang untuk bisa mengkonfirmasi kejadian tersebut. Agar tidak terjadi salah paham dari masyarakat ketika melihat kejadian tersebut.

Setelah informasi tersebut, Pihak Jurnalis melakukan Konfirmasi melalui Via WA, dengan Kapolsek GU, AKP Suleman mengungkapkan, setelah mengetahui adanya informasi terjadi penebagan pohon di dalam Benteng, maka Kami dengan cepat melakukan komunikasi kepada pihak Pak Safei selaku Ketua Rumpun Bombonawulu, di Rumahnya, yang dipercayakan dari pihak pemerintah Buton Tengah untuk menjaga kelestarian Cagar Budaya Benteng Bombonawulu.

” Dalam komunikasi kami dengan Pak Safei Ketua Rumpun Bombonawulu, Ia mengungkapkan bahwa Penebangan pohon itu pihaknya, dilakukan untuk merapikan lingkungan Benteng Bombonawulu agar jika ada ranting pohon yang lapuk tidak jatuh menimpa orang ketika ada orang yang berkunjung di dalam benteng tersebut” Ujarnya, Malam, 17/10/2021.

Penebagan ini, ucapnya Kapolsek GU, dari Ketua Rumpun, membenarkan adanya arahan dari Bupati kepada Ketua Rumpun Bombonawulu dimana penebangan pohon untuk merapikan pohon yang ada dalam benteng, agar tidak ada lagi cabang yang rapuh di dalam benteng.

Kata Safei, kepada Kapolsek GU, karena saat ini banyak ranting pohon besar yang sudah rapuh, dan gampang jatuh ketika tertiup angin. Cabang – cabang yang rapuh itu sangat berbahaya bagi pengunjung yang datang.

“Dan untuk Pohon yang ditebang hanya pohon yang biasa saja dan itu juga ditebang untuk mengantikan beberapa rangka rumah adat dalam benteng Bombonawulu, yang saat ini sudah lapuk akibat di makan zaman” Ungkapnya Safei kepada Kapolsek GU.

Pohon yang ditebang jadi Kayu.

Ungkap Kapolsek GU, pihak dari Ketua Rumpun, mereka telah menanam pohon baru dari jenis pohon kayu besi agar ketika tumbuh besar nantinya bisa menjadi rimbun dan membawa rasa nyaman di area Benteng Bombonawulu, dan bagi masyarakat yang akan berkunjung ke Benteng nantinya.

Liputan : Ha
Editor : Yadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed