oleh

Panitia Lomba Seni Kreatif Daerah Dinas Pariwisata Terkesan Tidak Serius

-BAUBAU, PARIWISATA-302 Dilihat
Foto : Kadis Pariwisata Kota Baubau H Idrus Taufik Saidi – Bardin.

SPNews.com, Baubau- Ajang Lomba seni Kreatif Daerah dalam Rangka HUT Kota Baubau disambut antusias masyarakat. Apalagi, kegiatan seperti ini sejak pandemi sudah tidak dilaksanakan.

Namun kinerja panitia lomba dalam hal ini Dinas Pariwisata Kota Baubau dinilai tidak profesional khususnya tentang jadwal lomba.

Beberapa peserta lomba yang telah dijadwalkan tampil oleh panitia dialihkan sebelum waktunya. Meski tetap dilanjutkan namun momen ini dinilai tidak konsisten dengan jadwal yang disebarkan.

“Sebenarnya bukan persoalan Juara atau tidak, kegiatan ini selain memotivasi peserta untuk berkreasi juga untuk hiburan masyarakat. Tapi panitia tidak jeli menyusun jadwal. Jangan karena masalah teknis panitia membuat jadwal berubah sepihak,” kata Bardin seorang penggiat informasi di Baubau.

Ia mengatakan, Lomba seni dan kreasi daerah harus memberi semangat dan kecintaan kepada generasi muda. Salah satunya memberi ruang dan kesempatan kepada generasi muda. Bukan sekedar masalah kompetisi dan hadiah.

“Jadwal yang disebarkan Tanggal 20 Oktober masih ada Lomba, tapi kenyataannya dialihkan Tanggal 18 Oktober 2021. Ini mungkin dinilai sebagai hal biasa bagi panitia tapi disisi lain ini sesuatu yang berdampak pada penilaian masyarakat,” tambahnya.
Alasan panitia, pergeseran jadwal penampilan peserta karena bertepatan dengan agenda lain dan karena ketidak hadiran beberapa peserta. Mestinya, panitia harus mengantisipasi segala kemungkinan. Apalagi semua sudah dibahas dalam technical meeting.

“Jadwal itu bukan hanya untuk peserta, tapi juga dibutuhkan masyarakat yang ingin menyaksikan. Kalau tiba tiba sudah penutupan, kira kira bagaimana penilaian masyarakat, pasti ada yang kecewa. Apa gunanya technical meeting,” tambahnya.
Di sisi lain, manfaat jadwal juga bisa menjadi perhatian peserta untuk mempersiapkan diri.

“Semoga Panitia di Dinas Pariwisata tidak menanggapi negatif komentar ini. Karena kita semua memiliki komitmen yang sama untuk kemajuan daerah. Apalagi yang berkaitan dengan upaya meningkatkan kecintaan masyarakat akan seni dan budaya. Persiapkan dengan matang, agar peserta bisa tampil dengan baik juga masyarakat bisa terhibur dengan kegiatan yang kita laksanakan. Bukan sekedar lomba mencari juara dan tuntutan kegiatan,” ujarnya.

Kadis Pariwisata Kota Baubau Idrus Taufik Saidi menyampaikan apresiasi atas saran yang ditujukan kepada panitia agar lebih mempersiapkan kegiatan ke depan yang lebih baik lagi. “Terima kasih atas masukan dan sarannya. Ini akan menjadi bahan evaluasi untuk ke depan,” katanya dalam sambutannya sebelum pengumuman hasil lomba…***

Liputan : BA
Editor : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed