oleh

Abdul Karim : “Mereka Bekerja Tak Kenal Waktu, Dalam Kondisi Apapun”

-BAUBAU-204 Dilihat

“Pengatur Jalan, Operator PJU dan Penarik Retribusi”

Spionnews.com, Baubau- Untuk mengantisipasi semakin padatnya aktivitas masyarakat dan fasilitas transportasi di Kota Baubau, Dinas Perhubungan Kota Baubau mulai melakukan persiapan tahun 2022. Beberapa kendala yang perlu penanganan dan kerjasama pihak terkait juga tak luput menjadi bahan pembahasan prioritas.

Demikian disampaikan Kadis Perhubungan Kota Baubau Abdul Karim, S.Pd, M.Si di Baubau Kamis (16/12). Menurut Abdul Karim, Dinas Perhubungan memiliki tugas pokok yang telah dijabarkan di tiga bidang yakni Bidang Prasarana dan PJU, Bidang Lalulintas dan Angkutan serta Bidang Kepelabuhanan dan Terminal.

Dalam menjalankan tugasnya, masing masing bidang diperkuat tiga seksi yang langsung mengeksekusi tugas di lapangan. Selain itu, Dinas Perhubungan juga diperkuat oleh para petugas pengatur lalulintas dan operator PJU.

Karim menambahkan, beberapa hal yang menjadi focus dan prioritas pihaknya adalah pelayanan kepada masyarakat yang berhubungan dengan keselamatan khususnya di jalan raya.

“Misalnya Para operator PJU Kami selama ini bekerja 24 jam untuk melakukan pembenahan lampu jalan dan melayani keluhan masyarakat. Termasuk bekerja sama dengan beberapa pihak terkait misalnya Dinas Lingkungan Hidup, PLN dan Satlantas Polres Baubau untuk melakukan pembenahan dan pemangkasan pohon pohon yang rawan di tepi jalan agar tidak mengancam keselamatan masyarakat,” katanya.

Foto : Salah satu Aktivitas Para Operasi PJU Dishub Baubau yang berkeliling membenahi Lampu Jalan.

Selain operator PJU, penarik retribusi, para petugas pengatur lalulintas juga ditempatkan di beberapa titik rawan kemacetan. Mereka juga bertugas untuk mengurai kemacetan jika terjadi kepadatan dan menyebabkan kemacetan. “Misalnya jika ada kegiatan masyarakat yang menggunakan fasilitas jalan atau dim omen pulang sekolah saat orang tua menjemput anaknya. Semua harus ditangani dan petugas kami selalu hadir untuk membantu,” tambahnya.

Foto : Aktivitas para Petugas pengatur Lalu Lintas Dishub Baubau.

Mantan Kadis Pendidikan Kota Baubau ini secara khusus memberikan apresiasi dan salut kepada mereka yang telah bekerja sepenuh hati. “Padahal Insentif mereka tidak seberapa, tapi luar biasa tanggung jawabnya kepada tugas. Semoga ke depan ada peluang untuk perbaikan kesejahteraan mereka,” katanya lagi.

Ia berharap, kesadaran masyarakat untuk mematuhi peraturan lalulintas jangan hanya ketika ada petugas. Namun kesadaran itu muncul dari diri sendiri demi keselamatan khususnya para pengguna jalan.
***

Liputan : BA
Editor : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed