oleh

Hari Pertama Pelatihan Jurnalis Siswa SMAN 3 Baubau

-BAUBAU, PENDIDIKAN-156 Dilihat
Foto : Suasana kegiatan Pelatihan Jurnalis Siswa SMAN 3 Baubau Tahun 2022 dengan Menghadirkan Pemateri Wartawan TV Nasional

Fokus Bahas Produksi Berita TV

Spionnews.com, Baubau- Kegiatan pelatihan Jurnalis Siswa SMAn 3 Baubau berjalan sesuai rencana. Ditambah lagi dengan antusiasnya para peserta untuk mengikuti kegiatan ini sangat nampak. Para peserta tampak serius mengikuti materi yang dibawakan oleh Salah seorang Wartawan TV Nasional Andhy Loppes Eba yang telah banyak memiliki pengalaman dalam dunia Jurnalis.

Materi yang disajikan secara umum bagaimana mengenal dunia jurnalis dan seluk beluk dunia Jurnalis. Baik yang berhubungan dengan pembuatan berita, narasi, serta instrumen lain yang melengkapi lahirnya sebuah hasil karya yakni berita yang disajikan kepada masyarakat.

“Setelah kami perkenalkan seluk beluk Dunia Jurnalis, para peserta langsung diberikan contoh berita serta melakukan simulasi agar mampu melahirkan berita sendiri. Ini ternyata sangat disambut positif oleh anak anak peserta pelatihan,” kata Andhy Loppes.

Setelah menyampaikan informasi secara umum, para peserta langsung diarahkan untuk membuat konsep produksi berita dengan terlebih dahulu membentuk beberapa kelompok. Tujuannya, agar setiap kelompok melaksanakan kegiatan liputan di lokasi yang berbeda dan dengan topik yang berbeda.

“Mereka dibagi 4 kelompok, masing masing kelompok akan membuat sebuah berita di lokasi yang berbeda. Jadi setiap kelompok akan melakukan inovasi untuk menghasilkan gambar yang baik, narasi yang baik serta kegiatan reportase yang baik.

Beberapa lokasi yang menjadi obyek liputan meliputi kegiatan Usaha kecil serta produk Unggulan yang ada di masyarakat khususnya di sekitar lingkungan sekolah.

“Kami sangat senang karena dengan pelatihan ini kami bisa mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Yaitu bisa melakukan kegiatan seperti wartawan, meliput dan melakukan wawancara. Pokoknya sangat menyenangkan,” kata Citra Juliani salah seorang siswa peserta pelatihan.
Selama kegiatan pelatihan berlangsung, para peserta juga disuguhkan berbagai macam contoh liputan baik berita maupun dokumenter. Suasana pelatihan pun semakin menarik setelah para peserta dilatih secara langsung layaknya seperti kalangan Jurnalis…

Liputan : BA

Editor : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed