oleh

Anggota Jurnalis SMAN 3 Baubau Dilatih Produksi Berita TV

-BAUBAU-194 Dilihat

“Hasil Pelatihan Jadi Satu Buletin Berita TV”

spionnews.com, Baubau – Kegiatan Pelatihan Jurnalis SMAN 3 Baubau yang dimotori Club Jurnalis Sekolah berjalan sesuai agenda. Kehadiran Instruktur dari Wartawan TV Nasional tidak disia-siakan peserta untuk menimba Ilmu khususnya tehnik membuat berita, wawancara, pembuatan naskah hingga menjadi sebuah Informasi yang dapat disiarkan kepada publik.

Kegiatan pelatihan diawali dengan pemberian materi berupa tahapan tahapan pembuatan berita. Mulai dari menghimpun data, melakukan liputan meliputi teknik pengambilan gambar, wawancara dan berakhir dengan tehnik editing.

Setelah materi diberikan, Para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan liputan langsung ke tengah masyarakat. Mereka diberikan kesempatan layaknya menjadi wartawan TV. Hasilnya, sangat menggembirakan. Para peserta sejak pagi telah menuju lokasi Liputan yang telah ditentukan.

“Ada 4 Lokasi yang mereka kunjungi untuk liputan, pertama mengunjungi sebuah keluarga Nelayan, kemudian mengikuti aktivitas penjual Air Tangki, mengorek informasi usaha Es Kelapa Muda hingga berkunjung ke Bangsal Tenun Tradisional di Kelurahan Sulaa,” kata Andhy Loppes Wartawan MNC TV yang diberi kepercayaan sebagai Narasumber.

Meski baru sebatas informasi awal, namun antusias para peserta patut diacungi jempol. Keinginan mereka untuk mengetahui lebih jauh tentang kegiatan para Wartawan khususnya Wartawan TV terlihat dari semangat mereka melakukan liputan. Bahkan, tak tanggung tanggung mereka harus menjadi bagian dari kegiatan yang diliput. “Luar biasa, mereka ada yang ikut nelayan ke laut, ada yang mengikuti mobil tangki, membantu penjual es dan memperkenalkan alat alat tenun. Semua tergambar dalam video yang dibuat,” tambah Andhy Loppes.

Sementara itu, kepala SMAN 3 Baubau Sitti Yuliana, S.Pd, M.Pd kembali menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan pelatihan Jurnalis ini. Sebab, ia menilai kegiatan pelatihan yang dilaksanakan tidak hanya sebatas teori, namun anak anak peserta diberikan langsung pengalaman. “Pasti ini sangat bermanfaat bagi mereka, karena menyaksikan secara langsung apa yang jadi bahan liputan. Semoga mereka bisa menambah pengalaman dan keterampilan khususnya di bidang Jurnalis,” kata Kepala Sekolah.

Kegiatan berlangsung selama 3 hari dan menghasilkan sebuah buletin Video Berita layaknya redaksi berita TV. Berita lengkapnya kemudian diupload di Channel Youtube Sekolah.

Liputan : BA
Editor : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed