oleh

IMM Baubau, Suarakan Hak Rakyat

-SOSBUD-170 Dilihat

“Benarkah Ada Pungli Di Pelabuhan Jembatan Batu Kota Baubau ?”

SpionNews.com|Baubau, Jumat,25/2/2022, Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Kota Baubau, turun ke jalan menyuarakan hak rakyat di depan kantor Polres Kota Baubau.

Dalam menjalankan aksinya, mereka meminta agar pihak Polres Baubau, menindak tegas tentang Pungli di Kota Baubau. Setelah melakukan aksi, pihak mahasiswa langsung di ajak masuk oleh pihak Polres Kota Baubau untuk dimediasi.

Menurut Koordinator Aksi Immawan Rasmon mengatakan “Berdasarkan hasil investigasi kami kemarin, kami melihat fakta-fakta Lapangan yang ada keluhan warga, dan penguna jasa pelabuhan jembatan batu, mereka yang memiliki kapal dan terparkir di pelabuhan telah dimintai uang sebagai dasar jasa keamanan” Ujarnya.

Kata mahasiswa itu, Selama ini ada tindakan pungutan liar dimana dalam hal ini KP3, telah menyalahi hak dan wewenangnya, dimana kita ketahui bersama KP3, tugasnya untuk membantu administrator dari segi keamanan, namun KP3 pelabuhan jembatan batu telah lompat pagar bukan lagi bagian keamanan tapi sudah bagian pemungutan iuran.
” Ada iyuran tambahan, dari sana bukan cuma 1 jenis, dari KP3 saja, makanya kenapa kami hadir ke sini karena memang masyarakat pengguna jembatan batu merasa keberatan, disisi lain pemungutan dari perhubungan dan sahbandar ada juga pemungutan dari KP3 yang seharusnya itu tidak boleh di Lakukan” Imbuhnya.

Mereka KP3 itu hanya melakukan pengawasan terkait bongkar muat barang, mereka melakukan pengawasan dari segi keamanan dari tindakan kriminalisasi yang ada di sana, bukan wewenang mereka untuk melakukan pungutan biaya, ada instansi terkait yang mempunyai hak untuk memungut biaya itu.

“Makanya kami dari Mahasiswa Ikatan Muhammadiyah dan saya selaku korlap disini merasa kecewa dengan adanya tindakan – tindakan hal yang tentunya merugikan masyarakat” harapnya.

“Harapan kami turun ke sini, untuk bagaimana menyelesaikan masalah ini, dan Kami mengharap kepada Polres Kota Baubau untuk sama-sama mengevaluasi, kejadian tersebut” terangnya.
Bila perlu melakukan pemecatan kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, kalau memang itu tidak bisa diselesaikan.

Kasat Intel Polres Baubau Pradifta Simanjuntak

Menurut, Kasat Intel Polres Baubau Pradifta Simanjuntak mengatakan pada media “saya mengapresiasi apa yang sudah di Lakukan adik-adik mahasiswa dalam hal mengontrol kinerja kami dalam arti Polres Baubau.

Tambahnya, Penyampaian bapak Kapolres, terima apa yang menjadi aspirasi adik-adik mahasiswa, karena kami tidak pernah alergi dengan aktivis ataupun penyampaian pendapat di depan umum, oleh adik-adik kita.

“Karena mereka adalah penerus generasi Kota Baubau, jadi sudah kami dengar dan kami akan laporkan kepada bapak kapolres, dan saya akan meminta petunjuk dan arahan dari bapak kapolres untuk menyikapi apa yang menjadi aspirasi adik-adik dari IMM, mungkin itu saja dari saya selebihnya nanti menunggu saja, Trimakasih” tegasnya.

Liputan : LD
Editor : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed