oleh

Ratusan Warga Wawonii, Hadang Alat Berat Masuk Kebun Warga

-SOSBUD-173 Dilihat

Spionnews.com, Wawonii – ratusan warga yang menghadang alat berat yang akan memasuki lahan warga di Kab. Konawe Kepulauan.

Warga Wawonii, Ibu Ratna

Dari salah satu Warga Wawonni yang lahannya menjadi target tambang, Ratna mengatakan “Dalam Situasi itu terlihat ada Alat berat pihak perusahaan menuju badan sungai, di Desa Tamosiusiu, namun berhasil di hadang oleh masyarakat dan kemudian mereka kembali menuju ke lahan miliki La Dani” ujarnya. Selasa,1/3/2022.

Pihak perusahaan Tambang, ungkap Ratna, Kembali melewati lahan milik Ladani, kejadian Selasa, 1/3/2022. Pukul 14.00 WITA.

“Ada pihak perusahaan yang ingin melewati kali, dimana kali ini menjadi sumber kami mengambil air minum, namun bila digunakan oleh pihak perusahaan, kali ini akan jadi keruh” ujarnya.

Sedangkan menurut pandangan kami, dari lingkungan hidup itu, bahwa kali ( sungai) harus dijaga.

“Kami bertahan terhadap kebun kami, karena ada hak kami, kalau sudah tidak ada hak kami, jadi kami harus bagaimana” tanyanya.

Kalau memang sudah tidak ada hak kami, maka dihapuskan hak asasi manusia, yang ada sekarang ini.

“Kami merasa jika adanya perusahaan tambang masuk akan merusak kebun kami, dan kami butuh minum dan makan dari kebun kami ini” jelasnya.

Dalam kejadian ini, terlihat pihak kepolisian dan Militer ikut memihak kepada perusahaan tambang, karena mengawal alat berat yang masuk di kebun masyarakat.

Liputan khusus: Hari
Editor : Yadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed