oleh

SMAN 1 Baubau Gelar Workshop Jurnalistik

-BAUBAU-113 Dilihat

” Dibekali Teori Jurnalis TV, Peserta Siap Liputan Lapangan”

Spionnews.com, Baubau – Ketertarikan siswa pada dunia Jurnalis khususnya siswa SMA di Kota Baubau mulai nampak. Hal ini nampak dari kegiatan beberapa pekan terakhir dengan kegiatan road show pelatihan Jurnalis TV di tingkat SMA. Setelah SMAN 3 dan SMAN 2 Baubau, Pekan ini giliran Para siswa SMAN 1 Baubau mengikuti workshop Jurnalistik.

Tak kalah semangatnya, para siswa peserta pelatihan Jurnalis SMAN 1 Baubau juga sangat antusias. Suasana ini mulai terlihat sejak kegiatan pembukaan yang berlangsung di SMAN 1 Baubau Kamis (10/3).

Kegiatan pelatihan Jurnalis di buka Oleh Direktur Jurnal Welia Dr. Nadir Djamudi, S.Pd,M.Pd yang juga mantan Pengajar di SMAN 1 Baubau. Dalam sambutannya ia menyampaikan apresiasi kepada pihak SMAN 1 Baubau atas terselenggaranya kegiatan ini. Nadir mengatakan, Ilmu Jurnalistik merupakan salah satu Ilmu yang sangat menjanjikan bagi masa depan. Sebab, selain mencerminkan profesionalitas dalam menjalankan tugas dari kalangan Jurnalis juga merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. “Media itu selain Informasi dan juga merupakan industri yang menjanjikan. Jadi jika sejak dini mereka mempelajarinya maka selain memiliki pengetahuan Juga bisa menjadi harapan untuk menjamin masa depan dari sisi ekonomi,” kata Nadir.

Kepala SMAN 1 Baubau Muhammad Radi mengatakan, kegiatan Jurnalis menjadi salah satu diantara banyak kegiatan ekstrakurikuler yang mendapat respon positif dari siswa.

“Sebenarnya bukan hanya Jurnalis untuk mengaktifkan ekstra kurikuler siswa, tapi semua kegiatan itu untuk membina karakter siswa. Jurnalis salah satu yang pasti menarik karena kami turut melibatkan pemateri dari Kalangan Wartawan yang telah berpengalaman,” katanya.

Dalam hal ini Kata Radi, dapat membuka peluang peran dari media untuk berpartisipasi sebagai stimulus dalam rangka literasi dan pembentukan serta penguatan karakter bagi siswa. Olehnya itu, kegiatan yang melibatkan berbagai kalangan sangat diperlukan dalam peningkatan karakter siswa.

Harapan yang sama juga disampaikan pemateri kegiatan Andhy Loppes. Wartawan MNC Media ini optimis para peserta akan mampu menghasilkan karya jurnalis khususnya dalam bentuk berita TV. “Dari antusias para peserta saat menerima materi kami yakin, mereka serius dan ketika nanti turun lapangan untuk melaksanakan kegiatan liputan pasti akan maksimal. Nanti kita lihat apa yang mereka hasilkan setelah akhir kegiatan,” ujarnya.

Setelah dibekali teori dan berbagai teknik reportase, para peserta akan langsung mengaplikasikannya dalam liputan langsung di beberapa lokasi di Kota Baubau.

Liputan : BA
Editor: Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed