oleh

Workshop Jurnalis TV, Siswa SMAN 1 Baubau Sukses Lahirkan Karya Berita TV

-SOSBUD-171 Dilihat

Spionnews.com, Baubau – Setelah mengikuti pelatihan selama 3 hari yang diawali dengan pemberian materi di ruang pelatihan, para siswa peserta pelatihan Jurnalis SMAN 1 Baubau berhasil melahirkan hasil karya berupa buletin berita.

Buletin berita dihasilkan dari kegiatan liputan peserta yang dibagi 6 kelompok dan meliput di 6 lokasi di Kota Baubau.
“Setelah mendapatkan materi dasar dasar Jurnalis TV, mereka kami tugaskan langsung praktek lapangan untuk meliput dan membuat berita layaknya sebagai jurnalis TV,” kata pelatih Andhy Loppes dan Bardin.

Sebelum ke lapangan, para peserta dibentuk dalam sebuah redaksi yang telah terbagi berdasarkan tugas masing masing mulai dari Pimpinan Redaksi, redaktur, reporter dan Kameramen. Selain itu juga melibatkan editor, dan pembaca narasi.
Lokasi yang dijadikan sebagai target liputan yakni Pasar Karya Nugraha, Pasar Laelangi, lokasi pasar buah dan 2 kelompok meliput kegiatan di dalam sekolah.

Para peserta sangat antusias, bahkan dalam beberapa jam melaksanakan kegiatan liputan sudah mampu memenuhi target untuk melahirkan sebuah berita. “Kami bangga karena para peserta sangat memahami materi yang diberikan. Untuk mereka yang pemula dan hanya butuh waktu 2 hari dan mampu melahirkan sebuah berita itu sangat luar biasa. Bahkan sudah bisa mendekati wartawan yang memang menjadi rutinitas mereka sebagai jurnalis,” ujar Bardin.

Ia mengharapkan setelah pelatihan selesai, para peserta terus berlatih untuk membuat berita. Apalagi di sekolah banyak kegiatan ekstrakurikuler. “Semua bisa dijadikan berita, agar bisa dipublish dan para peserta sudah paham format untuk membuat beritanya,” tambah Bardin.

Sementara itu, pembina OSIS yang mewakili kepala SMAN 1 Baubau Dahlan, dalam kegiatan penutupan menyampaikan apresiasi atas hasil dan kreasi dari peserta. “Luar biasa, seperti tidak yakin bahwa ini hasil karya anak anak kami. Karena yang seperti ini kami hanya sering nonton di berita TV,” katanya.
Hal ini disampaikan Dahlan setelah menyaksikan seluruh hasil liputan peserta sebelum menutup kegiatan pelatihan.

“Terima kasih kepada para pemateri yang telah membimbing dan melatih sampai mendampingi anak anak sampai ke lapangan. Ini sesuatu yang luar biasa, semoga ini menjadi penyemangat bagi anak anak kami untuk terus berkarya,” ujarnya lagi.

Liputan : BA
Editor : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed