oleh

Konas HAM Turun Ke Wawonni, Warga Hadirkan Bukti Pelangaran HAM

-SOSBUD-111 Dilihat

Spionnews.com, Konawe Kepulauan – Pulau Wawonni belum lama ini, di usik oleh beberapa pihak yang dalam pandangan pemerintah merupakan Pengusaha Tambang Nikel, hendak mengelola Nikel yang ada di Pulau tersebut.

Setelah dikonfirmasi melalui via WA, Dari salah satu warga, mengatakan “ada terjadi pelanggan Hak Asasi manusia di Pulau Wawonni, dimana ada hak – hak tanah yang sebelumnya menjadi kebun warga, hendak di beli dan dijadikan lahan perusahaan tambang untuk di kelola” ujarnya. Minggu, 20/3/2022.

Dirinya beberapa waktu lalu, diundang bersama warga lainnya, untuk hadir di rumah salah satu warga yang kedatangan tamu dari Konas HAM RI, dalam keterangan dari Perwakilan Konas HAM RI mengatakan ini kali kedua pihaknya hadir di pulau Wawonni, untuk mengfasilitasi masyarakat yang tertindas oleh pihak perusahaan tambang.

Ungkap Konas HAM, pihaknya akan mengangkat fakta-fakta yang ada saat ini untuk diperjuangkan agar hak – hak masyarakat tidak diambil oleh pihak perusahaan.

“Kami juga dari warga berharap agar masalah kebun kami tidak di beli oleh pihak perusahaan, karena bila di beli, bagaimana cara kami bertahan hidup, sebab hanya dengan hasil kebun kami bisa menghidupkan keluarga kami” Ungkapnya.

Dari rapat bersama pihak Konas HAM, mereka berjanji akan menangani kasus ini hingga selesai, dan pihak – pihak yang merusak kebun masyarakat dapat di tindak secara tegas, agar tidak ada lagi perusahaan yang memaksa mengambil lahan warga untuk kepentingan pribadi.

Liputan : HI
Editor : Hari.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed