oleh

KENAKALAN REMAJA DI BULAN RAMADHAN, KAPOLRES BAUBAU “Kami Akan tindak”

-BAUBAU-212 Dilihat

PELAKSANAAN KEGIATAN KEPOLISIAN SELAMA BULAN RAMADHAN 1443 H/2022 M POLRES KOTA BAUBAU

Liputan: Syamsir A

SpionNews.com|Baubau 4/4/2022. Dalam rangka memberikan kenyamanan dan keamanan selama bulan ramadhan 1443H/2022M, kepolisian Resor Baubau telah mulai melaksanakan kegiatan preventif dengan penyebaran personel Polres Baubau di setiap pelaksanaan sholat tarawih yang ada di wilayah hukum Polres Baubau.

Menurut Kapolres Baubau bapak AKBP Erwin Pratomo, S.I.K “Tentunya semua di lengkapi dengan surat perintah nomor: Sprin/321/IV/PAM.3.3./2022 tanggal 1 april 2022 dengan tugas pokok melaksanakan tugas pengamanan pelaksanaan sholat tarawih berjamaah di masjid masjid sekaligus mengantisipasi tawuran ikat sarung selama bulan suci ramadhan 1443 H/2022 M, mulai tanggal 02 April s/d 01 mei 2022 jam 19.30 wita s/d selesai bertempat di wilayah kota Baubau.” imbuhnya.

Lanjut kata Beliau” Dalam surat perintah tersebut juga telah di bentuk Tim gabungan yang mempunyai tugas untuk melaksanakan patroli mobile dengan sasaran penertiban kepada warga/anak anak yang melakukan aksi konvoi, balapan liar dan tawuran serta penggunaan petasan yang sering terjadi selama bulan ramadhan. Dan kegiatan patroli mobile tersebut di laksanakan setelah pelaksanaan sholat tarawih dan sesudah pelaksanaan sholat subuh setiap harinya.” terangnya.

Lanjut kata orang nomer satu di Kepolisian Resor Baubau “Adapun dasar pelaksanaan penertiban khusus knalpot bogar/racing adalah undang undang lalu lintas angkatan jalan raya(UULAJ No.22 tahun 2009) pasal 285 ayat(1) jo 106(3) pasal 48(2) (3) tentang penindakan kendaraan yang tidak di pasang komponen pendukung pada kendaraan sepeda motor(termasuk knalpot racing/tidak standar) dan aksi balapan liar terdapat pada pasal 297 jo pasal 115 huruf yaitu pengemudi kendaraan bermotor di jalan di larang: mengemudikan kendaraan melebihi batas kecepatan paling tinggi yang di bolehkan sebagaimana di maksud dalam pasal 21; dan/atau berbalapan dengan kendaraan bermotor lain.” Tuturnya.

Lanjut kata Perwira berpangkat dua bunga itu menerangkan “Beberapa lokasi yang terdeteksi sering di gunakan untuk aksi balapan liar yaitu:

1. Simpang SMA 2 jalan Betoambari
2. Depan Lipo Plaza jalan sultan hasanuddin
3. Depan kantor perhubungan jalan bhakti ABRI Kec. BWI
4. Depan kantor Walikota Baubau jalan raya palagimata Kel. Lipu kota Baubau.” Terangnya.

Alumni Sekolah Tinggi Ilmu kepolisian itu juga menjelaskan “Untuk Polres Baubau sendiri pertanggal 4 April 2022 telah melakukan penindakan terhadap pelaku balap liar dan knalpot bogar sebanyak 25 unit kendaraan(tanpa identitas) dan dipastikan akan di sidang setelah lebaran idul fitri nantinya.” imbuhnya.

Lanjut Beliau “Melalui kesempatan ini kami menghimbau kepada warga masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai dalam menjalankan ibadah puasa dengan tidak menggunakan petasan selama bulan puasa dan khusus kepada orang tua tidak memberikan kesempatan kepada anak anak(dibawah umur) dan atau yang sudah dewasa untuk tidak melakukan aksi konvoi dan balapan liar karena selain membahayakan diri sendiri juga membahayakan orang lain.” Tuturnya.

Terakhir bapak kapolres menjelaskan “Tidak membiarkan anak anaknya berkeliaran, berkumpul setelah pelaksanaan sholat tarawih dan sesudah sholat subuh untuk melakukan tindakan yang mengarah ke aksi tawuran karena hal tersebut berdampak pada gangguan kamtibnas.” Terangnya.

Liputan juga dapat di lihat di chanel youtube *Syamsir Alam Phc*
Terimakasih

Editor : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed