oleh

Berlakukan Aplikasi Peduli Lindungi Di Polres Baubau

-SOSBUD-196 Dilihat

Spionnews.com, Baubau – Masyarakat Diimbau Scan Barcode Sebelum Masuk Polres Baubau dan 16 Polsek wilayah Hukumnya

Polres Baubau memberlakukan wajib scan barcode aplikasi peduli lindungi bagi masyarakat sebelum memasuki wilayah Polres Baubau maupun 16 kantor Polsek yang tersebar di wilayah hukum Polres Baubau.

Kapolres Baubau melalui Kasi Humas Polres Baubau, Iptu Abdul Rahmad mengatakan pemberlakuan aplikasi peduli lindungi ini dalam rangka pengecekan dan penertiban protokol kesehatan baik bagi para anggota polres Baubau maupun masyarakat yang akan masuk dalam wilayah kantor Polres Baubau.

Scan barcode peduli lindungi selain memberikan informasi zona resiko di daerahnya juga memberikan informasi penting riwayat perjalanan dan hasil test Covid-19, termasuk informasi sertifikat vaksin.

Setelah barcode di scan dengan aplikasi peduli lindungi warnanya akan muncul sesuai status masyarakat tersebut. Dan apabila tidak memungkinkan maka masyarakat diarahkan untuk kembali.

Barcode aplikasi peduli lindungi ini kata Abdul Rahmad telah disediakan di Kantor Polres Baubau dan seluruh jajaran Polsek Polres Baubau sebanyak 16 Polsek diantaranya 7 Polsek di Kota Baubau, 7 Polsek di Buton Tengah, dan 2 lainnya di Kadatau dan Batuatas, Kabupaten Buton Selatan.

“Masyarakat dan anggota yang masuk di kantor-kantor Polres dan polsek jajaran Polres Buubau sudah menggunakan aplikasi peduli lindungi. Dari kemarin sudah mulai semua termasuk di pelabuhan Murhum, pelabuhan feri, dan bandara,” kata Abdul Rahmad, Jumat (8 April 2022).

Penggunaan aplikasi ini merupakan Instruksi dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo dalam upaya membantu Pemerintah dalam hal pelacakan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Republik Indonesia khususnya di wilayah hukum Polres Baubau.

Iptu Rahmad mengatakan hal ini juga dilakukan agar memperkenalkan masyarakat terkait aplikasi ini sehingga masyarakat sudah paham dan mengerti mengenai cara kerja dan fungsi dari aplikasi peduli lindungi dan memudahkan pihak Pengamanan dan pengawasan prokes menyambut lebaran pada saat terjadi arus mudik “Sehingga membantu kita petugas yang melakukan pengamanan di titik-titik keramaian,” katanya.

Untuk itu, Rahmad mengimbau bagi masyarakat yang belum menerima vaksinasi untuk segera vaksin pada faskes yang memberikan pelayanan vaksinasi.

Adapun anggota Polres Baubau yang sudah melakukan vaksin 3 atau vaksin booster sudah mencapai 93 persen. Sisa 36 orang karena alasan tunda vaksin, kesehatan, hamil, dan lainnya.

***
Editor : Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed